Bagaimana Cara Untuk Memulai Online Marketing ?

Memulai Online Marketing – Dunia online dan juga digital sudah semakin berkembang dan bertumbuh dengan cepat disegala bidang mulai dari makanan, pendidikan, perkerjaan, bahkan layanan seklipun.

Dengan demikian prediksi mengatakan bahwa 20 tahun kedepan, Indonesia akan menjadi negara dengan teknologi full online, oleh karena itu dunia bisnis pun juga harus menyesuaikan dengan perkembangan jaman yang ada.

Tetapi banyak pertanyaan yang mengatakan bahwa, bagaimana sih cara memulai memasarkan secara online ? Bagaimana cara mulai nya?

Nah sebelum saya bahas detail mengenai caranya untuk memulai, tidak ada salahnya Anda memulai belajar bersama dengan komunitas Kelas Bisnis Online Kelbion secara GRATIS !! 3x

atau Anda bisa klik dibawah ini:

JOIN SEKARANG !

Nah kalau Anda sudah selesai melihat dan mendaftar, sekarang mari kita bahas bagaimana cara memulai online marketing:

10 Cara Memulai Online Marketing Untuk Pemula

Memulai Online Marketing

Memulai Online Marketing

Sebelumnya pertama, saya ingin memberi tahu Anda bahwa online marketing sama susahnya dengan offline marketing, jadi Anda harus bersabar dalam mempelajarinya. Segmentasinya pun dan pola pikirnya juga berbeda.

Nah langsung saja kita mulai yang pertama,

  • Tujuan pemasaran Anda

Yang pertama tujuan adalah yang sangat penting di dunia online. Apa tujuan Anda melakukan pemasaran online? Apakah untuk mengambil keuntungan atau meningkatkan traffic atau branding?

Kembangkan pengikut Facebook Anda menjadi 5.000? Buat empat prospek baru sebulan? Apapun tujuan pemasaran online Anda, buatlah tabel ataupun masukan ke google analytic agar pencapaian Anda bisa di tracking oleh google, misal untuk website anda bisa masukan ke google analytic.

  • Memiliki mindset yang benar

Pesan ini mungkin mungkin sudah sering Anda dengar.

Tapi ingat, yang hendak Anda lakukan adalah membangun BISNIS. Sehingga memiliki mindset bisnis yang benar dan sikap mental yang positif, adalah PENTING.

Kita juga harus berpikir untuk membangun aset, dimana aset itu nantinya yang akan bekerja untuk kita.

Jangan sampai ketika kita sudah berhasil membangun usaha sampai susah payah, namun akhirnya mengorbankan hal-hal lainnya hanya karena kesibukan kita mengurus bisnis.

Anda tentunya juga ingin memiliki waktu bersama keluarga, orang-orang tercinta, atau melakukan hal-hal bermanfaat lainnya bukan?

Jika Anda masih bekerja pada bisnis Anda, maka Anda adalah karyawan pada bisnis Anda sendiri. Tetapi jika yang Anda lakukan adalah bagaimana membuat bisnis Anda semakin berkembang, seperti dari 1 menjadi 2, dari 2 menjadi 10, dst, maka Anda adalah pebisnis.

Dan sama seperti jenis bisnis lainnya, ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis online pastinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti:

  1. Modal.
  2. Produk yang akan dijual.
  3. Pasar yang akan disasar.
  4. Strategi pemasaran.
  5. Kelangsungan bisnis dan tren bisnis.

Untuk itu, sebelum memikirkan hal-hal tersebut, benahi dulu mindset Anda.

Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusia. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis. Dan sisanya adalah yang sifatnya teknis.

Anda bisa saja mempunyai keahlian membuat suatu web yang canggih, dengan berbagai fitur dan tampilan yang keren. Atau, bisa saja Anda sangat ahli dalam suatu bidang.

Namun jika Anda tidak mempunyai visi terhadap kemampuan Anda, tidak mempunyai semangat untuk belajar dan bertahan, ya sama saja, bisnis Anda akan segitu-segitu saja.

Usahakan supaya bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar Anda, dan juga bagi kebaikan sesama. Dengan begitu, Anda akan menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online.

Tujuan utama kita dalam berbisnis selain mendapatkan penghasilan, juga supaya bisa melayani lebih banyak orang dan lebih bermanfaat bagi sesama?

Oiya, Anda juga bisa membaca artikel tentang tips bisnis yang pernah saya tulis di halaman lain dalam blog ini.

  • Design web anda

Yang ketiga adalah design, ini adalah sangat penting karena dalam dunia online pemasaran pasti berhubungan dengan design karena berkatan dengan visual manusia. Pertama kali orang melihat iklan atau banner pasti menggunakan mata, apakah design anda itu menarik atau tidak untuk menarik konsumen melihatnya?

ini adalah step dasar sebelum masuk ke iklan atau advertising

  • IKLAN

yang keempat adalah tahap yang sangat penting dalam marketing online yaitu beriklan atau advertising.

Sebelum memulai, advertising ada banyak sekali taham untuk memulainya, tapi disini saya akan bahas mengenai segementasi terlebih dahulu. Untuk cara beriklan di facebook lengkapnya bisa dibaca di artikel dibawah ini:

Wajib baca: Cara Beriklan Di Facebook

Nah, di dunia online, segmentasi sangatlah penting karena dunia online adalah dunia yang luas dan satu dunia memakai internet, jadi jika anda mengiklankan tidak tertarget maka saya jamin iklan anda akan gagal seberapa banyak uang yang Anda keluarkan.

Tetapi sebaliknya jika anda tau mengenai targeting dan segmentasi, maka dengan uang budget sekalipun anda bisa menjual produk Anda.

Bisa dibilang kalau Anda beriklan di online itu harus tertarget alias iklan mikro bukan makro, berbeda dengan tokopedia atau ecommerce lain yang menggunakan iklan makro karena mereka memiliki budget iklan yang besar.

Jadi jika Anda beriklan di online harus sedetail mungkin dan Anda harus bisa menemui titik atau kolam dimana banyak konsumen Anda disana.

Nah pertanyaannya bagaimana caranya ?

Caranya adalah dengan testing iklan Anda ! dan tidak ada cara lain.

Coba saja testing iklan di facebookads 10 rb perhari untuk mengentest iklan Anda apakah responnya baik atau tidak.

Jika Anda tidak mau cara yang berbayar terlebih dahulu bisa mulai dengan cara lain yaitu menggunakan blog atau website.

Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan blog sebagai bagian dari strategi pemasaran konten untuk memberi pengunjung informasi, tip, gagasan, video, dan informasi industri yang spesifik kepada pengunjung. Pastikan untuk menambahkan tombol berbagi ke situs web Anda untuk meningkatkan kesadaran merek, karena peringkat mesin telusur sebagian ditentukan oleh seberapa banyak konten Anda dibagikan.

Memulai Online Marketing

Memulai Online Marketing

  • Sempurnakan Layanan Pelanggan Anda

Dalam dunia online, pelayanan 24 jam atau fast respond adalah yang sangat dibutuhkan disini. Mengapa? Karena orang ingin serba cepat dan tidak mau menunggu lama dalam membeli barang secara online.

Sekarang bayangkan jika Anda membeli barang lalu si penjual menjawab dengan lama, maka Anda juga akan berpikir untuk pindah ke toko lain atau mencari reseller yang lebih cepat menjawabnya bukan?

Karena itu pelayanan dalam dunia online harus ditingkatkan dengan maksimal

  • Pahami Konsumen Anda

Untuk memasarkan bisnis Anda secara efektif, Anda perlu memahami orang-orang yang membutuhkan produk atau jasa Anda berikut dengan alasan mengapa mereka harus memilih Anda.

Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika membuat profil pelanggan :

Apa tantangan dan masalah yang dihadapi konsumen Anda sehingga bisa dibantu oleh produk atau jasa Anda ?

Kira-kira, apa pertanyaan yang akan mereka ajukan mengenai produk Anda sehingga mampu mendorong terjadinya transaksi ?

Faktor apa yang mendorong mereka melakukan transaksi ?

Dimana mereka mendapatkan informasi yang akan mendorong mereka melakukan transaksi ?

Apa yang bisa Anda lakukan dengan nilai lebih dibandingkan dengan pesaing Anda ?

Baca Juga  Strategi Digital Marketing Untuk Sektor B2B
  • Edukasi Diri Anda Sendiri

Biar bagaimanapun juga Anda tetap membutuhkan pengetahuan mengenai pemasaran. Coba baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari berbagai sumber seperti buku atau blog. Lihat mana saja strategi yang dapat dijalankan dengan baik sebelum memulai pemasaran Anda.

Anda juga harus tau atau paling tidak memiliki dasar sebelum terjun ke bisnis online atau marketing online ini.

  • Mencari mentor 

Bagi Anda yang mau belajar bisnis online dengan lebih serius, saya sarankan untuk mencari mentor. Dialah yang akan membimbing Anda dalam masa-masa awal membangun bisnis.

Anda bisa belajar dari pengalaman suksesnya, serta jatuh bangunnya dari proses yang mereka alami.

Dengan adanya mentor, Anda bisa mempercepat proses trial and error yang Anda butuhkan selama berproses menuju puncak.

Gabung juga dengan komunitas bisnis dan miliki lingkungan yang positif. Ini akan mendukung proses belajar Anda supaya lebih kondusif dan terarah.

Gabung bersama kami di KELBION !

Karena di komunitas ini kita punya entor yang handal dan sudah terjun ke dunia marketing online lebih dari 10 Tahun !

Komunitas sangatlah penting, Anda akan bertemu banyak sekali macam orang yang bisa Anda jadikan semangat atau motivasi untuk terus berkembang dan juga mendapat banyak sekali pelajaran yang menarik.

Tentunya, miliki juga niatan untuk membantu yang lain, jangan hanya kepentingan diri kita saja yang diurusi.

Hidup itu GIVE AND TAKE, artinya kita GIVE dulu, baru TAKE. Berikan dulu apa yang kita punya, barulah kita dapatkan hikmah dari apa yang kita berikan.

Sekiranya, itulah gambaran besar lima langkah bagaimana memulai bisnis online bagi pemula. Semoga bisa Anda ambil intisarinya dan bisa diaplikasikan pada kondisi Anda saat ini.

Take action dan eksplor potensi Anda. Yakinlah, Anda pasti bisa!

Memulai Online Marketing

Memulai Online Marketing

  • Evaluasi hasil kerja 

Anda dapat menyimpan banyak waktu dan uang dengan berfokus pada pekerjaan yang menghasilkan pendapatan. Anda tidak akan tahu yang mana yang menghasilkan tanpa pelacakan dan melakukan evaluasi .

Peralatan gratis seperti Google Analytics dapat memberitahu Anda pencarian populer pada halaman situs Anda. Alat ini juga dapat memberitahu Anda sumber lalu lintas situs Anda. Jika Anda aktif di media social seperti Tweeter, tetapi pelacakan tidak menunjukkan pengunjung dari Twitter, hal ini menunjukkan bahwa Anda harus mengubah cara promosi Anda di Tweeter atau mencari jalan lain yang dapat membantu trafik situs Anda.

  • Fokus pada konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas dalam marketing akan membawa dampak yang sangat besar, mengapa ? Karena iklan kita pastinya sudah sangat tertarget dan juga kena kepada si pembaca dan si pembaca mengerti apa maksud iklan kita dan pembaca juga tahu kalau dia membutuhkan produk atau jasa kita.

  • Pelajari dasar-dasar dan strategi pemasaran secara digital

 Meski sudah menjadi pebisnis, Anda tetap membutuhkan pengetahuan mengenai dasar dan strategi pemasaran digital. Sebelum memulai bisnis dengan Digital Marketing, sebaiknya Anda mempelajarinya dari berbagai sumber bisa dengan membaca buku atau belajar melalui internet. Perhatikan strategi yang bisa Anda terapkan dngan baik, sebelum memulai pemasaran digital Anda.

 

Sekian tips mengenai Memulai Online Marketing yang bisa saya bagikan kepada Anda menurut pengalaman saya, semoga ini bermanfaat !

 

Leave a Reply