Mengapa Harus Investasi Reksadana

Mengapa Harus Investasi Reksadana – Investasi mungkin sudah tidak asing di dengar di telinga anda, tapi apakah anda tahu bagaimana cara berinvestasi yang benar? Apakah deposito dan menabung di bank merupakan pilihan yang tepat untuk berinvestasi di masa depan?

Jawabannya tidak, mengapa?

Karena bunga bank dan deposito yang kecil tidak akan cukup untuk mengikuti pergerakan mata uang yang semakin naik dari tahun ke tahunnya. Kita bisa lihat bahwa harga setiap tahun dan biaya hidup selalu naik termasuk juga biaya pendidikan, oleh karena itu hadir yang namanya reksadana untuk mengelola uang anda agar nilai investasi tetap terjaga.

Reksadana adalah perusahaan yang mengelola uang kita yang nantinya akan di invest ke berbagai macam investasi seperti saham, obligasi, dan lain-lain yang nantinya akan di kembalikan ke kita dengan keuntungan tertentu. Perusahaan yang menawarkan reksadana merupakan perusahaan besar dan sudah terpercaya di masyarakat dan terutama pastinya harus bisa mengelola dana kita dengan baik.

Mengapa Harus Investasi Reksadana

Mengapa Harus Investasi Reksadana

Mengapa Harus Investasi Reksadana

Ini keunggulan utama reksadana yang saya rasakan.

Saya tetap bekerja tanpa terganggu, sementara investasi di saham jalan terus tanpa perlu keterlibatan langsung. Manajer Investasi mengelolanya, dan itu, tidak seperti bayangan banyak orang, biayanya terjangkau.

Masih banyak keunggulan reksadana yang lain, yaitu:

1. Investasi reksadana sangat terjangkau

Saya bisa membeli reksadana hanya dengan 1 juta rupiah untuk pertama kali (biasanya investasi awal dibutuhkan dana yang lebih besar), kemudian investasi rutin bisa hanya dengan 100 ribu rupiah. Mungkin ini nilai investasi di sebuah instrumen keuangan yang paling murah.

Di tabungan atau deposito, kalau ingin mendapatkan bunga yang lumayan menguntungkan, perlu menaruh uang dalam jumlah cukup besar. Apalagi investasi di emas maupun properti yang menuntut minimum dana lebih besar lagi.

Relatif rendahnya minimum investasi di reksadana membuatnya lebih terjangkau dibandingkan instrumen yang lain.

Mengapa Harus Investasi Reksadana

Mengapa Harus Investasi Reksadana

2. Mendapatkan Akses Partisipasi Di Pasar Modal

Dimana akses tersebut sulit didapatkan, jika berinvestasi langsung, tanpa lewat reksadana.

Dibutuhkan modal minimum sekitar 20 juta, jika ingin bermain saham di bursa secara langsung. Perbedaan yang cukup signifikan antara modal investasi dengan reksadana dibandingkan investasi langsung, terutama bagi investor individual.

Dengan begitu, saya bisa menikmati gurihnya tingkat keuntungan di instrumen – instrumen pasar modal, seperti saham dan obligasi. Tingkat keuntungan rata – rata investasi di saham dalam jangka panjang (> 5 tahun investasi) sekitar 25% setahun.

Ini jelas tingkat keuntungan yang lebih baik dari tabungan, deposito dan emas. Tingkat keuntungan yang sejajar dengan properti, tetapi dengan minimum investasi yang lebih terjangkau.

3. Reksadana Dapat Di Cairkan Dengan Cepat

Likuditas bukan masalah di reksadana.

Bayangkan, anda bisa punya potensi keuntungan setara properti, misal di reksadana saham, tetapi punya fleksibilitas pencairan, hampir setara tabungan.

Tidak banyak instrumen keuangan yang bisa menawarkan keunggulan seperti ini.

Mengapa Harus Investasi Reksadana

Mengapa Harus Investasi Reksadana

4. Resiko Reksadana Kecil Karena Di Kelola Dengan Baik

karena kumpulan dari banyak investor, jumlah dana yang dikumpulkan di reksadana masif, yang mana ini memberikan keunggulan dan kekuatan bagi reksadana dalam menjalan diversifikasi portfolio secara efektif.

Sementara, diversifikasi adalah komponen paling penting dalam kinerja investasi. Dengan diversifikasi yang optimal, keuntungan yang tinggi bisa diraih dengan tingkat risiko yang terkelola dengan baik.

Lebih menguntungkan lagi bagi investor individu yang umumnya memiliki simpanan terbatas. Walaupun dana terbatas, mereka tetap bisa menikmati diversifikasi dengan ikut serta dalam reksadana. Bayangkan, tanpa reksadana, investor individu dengan dana terbatas tidak bisa melakukan diversifikasi.

 

Jadi mulailah berinvestasi reksadana dari sekarang untuk masa depan anda dan juga menanggung biaya pendidikan di masa yang akan datang. Karena, Reksadana merupakan investasi yang mudah di lakukan oleh siapa saja dan dapat bermodalkan sedikit. Ingat! semakin cepat anda mengambil langkah untuk memulai semakin cepat anda akan mendapatkan hasilnya. Sekian artikel mengenai Mengapa Harus Investasi Reksadana, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Untuk mengetahui bagaimana cara investasi reksadana, lihat video berita dibawah ini:

 

No Responses

Leave a Reply