Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya ?

Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya ? Cari tau rahasianya.

Inilah rahasia terpendam mengapa orang kaya semakin kaya. Sebenarnya ilmu yang sederhana ini sudah lama di tulis oleh Robert Kiyosaki dan bukunya Bertengger ranking atas  di seluruh dunia . Bagi Anda yang malas untuk membaca karena bukunya tebal, mungkin di artikel ini akan saya buatkan rangkumannya dengan singkat dan jelas.

Buku yang di tulis oleh Robert Kiyosaki tersebut sudah ada sejak tahun 1998, tetapi sayangnya saya baru mengentahuinya sekitar tahun 2008. Buku ini sangat dahsyat sekali dan bermanfaat untuk kehidupan saya, sehingga buku ini adalah salah satu buku kesukaan saya pribadi.

Buku ini membahas banyak mengenai bisnis MLM yang saya ‘pikir’ dahulu adalah sebuah bisnis yang curang dan saling menjatuhkan lawan. Dan banyak buku MLM diluar sana yang membahas cashflow, peringkat, tingkatan, dan sebagainya dan saya berpikir “sama saja lah buku mengenai Robert Kiyosaki ini” ternyata, buku ini sangat dahsyat sekali, banyak ilmu yang bertentangan dengan apa yang saya pikirkan.

Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya

Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya

Baru pertengahan tahun 2010, saya pertama kali baca buku RICH DAD’s CONSPIRACY OF THE RICH dan saya terkejut banget, ketika tahu bahwa 90% uang yang beredar dimiliki oleh orang biasa 10% saja dimiliki oleh orang kaya.

Anda ada diposisi yang mana, termasuk yang 10 % atau yang 90 % ?

Setelah saya membaca buku ini, saya terus berpikiran, bagaimana cara menjadi orang yang 10% ini karena pastilah mereka begitu dahsyat.

Materi yang dibahas banyak sekali dalam buku tersebut .Dan setiap baca 1 buku saya hanya perlu menemukan ide yang mengena di saya, atau kata James Gwee.

“AHA” itu adalah bagaimana saya jangan sampai terjebak di dalam kelompok 90 % ini . Robert Kiyosaki sangat bagus sekali menjabarkan bagaimana 3 kelompok kelas masyarakat terbagi yaitu :

  • 1. Kelompok orang miskin
  • 2. Kelompok orang menengah
  • 3. Kelompok orang kaya

Dari sinilah baru saya mengetahui, apa yang dilakukan oleh dan pemikiran orang kaya dan apa yang dilakukan dan pemikiran dari orang miskin dan menengah, dan  juga mengapa orang kaya menjadi semakin kaya dan orang miskin menjadi miskin ?

Apa yang dilakukan orang kaya, apakah berbeda dengan mereka yang menengah ?

  • KELOMPOK ORANG MISKIN

Menurut Robert Kiyosaki, orang yang memiliki uang sedikit atau pas pas an biasanya menggunakan uang mereka untuk membeli makan, membayar pajak, membeli handphone dan untuk kebutuhan pembelian lainnya, jadi dalam sekejap saja uang mereka bisa habis !

Ini sangat berbahaya sekali !

Karena jika kita berada pada posisi ini, maka dijamin kita tidak akan dapat bertahan hidup untuk dimasa mendatang ! Selain itu juga kita tidak memiliki tabungan atau investasi yang berfungsi untuk kebutuhan yang mendadak atau darurat. Contoh jika anda tiba-tiba membutuhkan dana sebesar 200 juta rupiah untu berobat di rumahsakit, jika gaji anda 2jt maka akan sangat susah untuk membayarnya.

  • KELOMPOK ORANG MENENGAH

Menurut Robert Kiyosaki, kaum menengah inilah yang sangat rancu karena mereka sudah lebih pintar dari kelompok sebelumnya dan pendapatan mereka juga jauh lebih baik, tetapi mereka tidak bisa mengatur penggunaan keungannya. Seperti contoh kartu kredit !

Ketika anda ditawari kartu kredit, maka anda dengan senang hati menerimanya dan mulai mencoba dengan alasan jaga jaga jika tidak membawa uang cash, tetapi apakah anda dapat bertahan dengan godaan membeli barang?

Pertama anda mungkin tertarik untuk membeli barang dengan kartu kredit, ternyata lumayan ya dapat membeli barang tanpa harus memiliki uang (alias dipinjamkan oleh bank) tetapi diakhir bulan anda harus membayarnya. Waktu berjalan, ketika tagihan anda yang harus anda bayar hanya mungkin Rp 1.000.000 anda masih sanggup bayar..ahh..segitu kecill..masih ada Rp 3.000.000 gaji saya.

Karena anda rajin untuk membayar, bank menawarkan upgrade ke limit yang lebih besar, dengan senang hati anda menerimanya dan dengan tanpa ragu-ragu. Dengan uang sebesar itu misalnya saja 10jt anda dapat tergoda untuk membeli barang yang lebih banyak. Tetapi apakah anda dapat membayarnya nantinya?

Disinilah mulai anda kebingungan untuk mencari cara melunasinya, dan dunia surga anda mulai berubah menjadi neraka yang menakutkan karena terlilit hutang dan mungkin dikejar-kejar debt kolektor.

Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya

Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya

Apakah anda pernah di posisi seperti ini ?

Setiap ada kartu kredit baru yang ditawarkan anda ambil terus, dan terus, dan terus .. Jika jawaban iya..anda sama dengan teman saya. Ketika belum membaca dengan jelas buku-buku Robert Kiyosaki mengenai,

” Conspiracy Of The Rich “, dan “Increase Your Financial IQ “  teman saya selalu membeli barang dengan gesek dan tanpa memikirkan resikonya.

Tapi apa yang terjadi ??

Teman saya membeli barang tanpa perencanaan yang jelas, begitu lihat barang bagus dan menarik teman saya langsung membelinya tanpa pikir panjang, akibatnya teman saya terlilit banyak sekali hutang sampai pada klimaksnya saya pernah membayar untuk membeli TV LCD dengan harga 15 jt dari 8 kartu kredit yang berbeda. ‘kata teman saya’

Wow mengerikan sekali ya, jangan sampai ini terjadi pada diri Anda.

Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya

Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya

Dan benar-benar surga bagi dia ketika menemukan buku Robert Kiyosaki dan teman saya itu membaca sampai sangat dalam, Bahkan sampai dia garisi 1 per satu agar paham, dan dari 8 kartu kredit yang ia miliki dia berhasil memangkasnya sampai tinggal 1 saja karena memang benar-benar untuk kebutuhan tertentu.

Inilah gambaran terhadap kaum menengah, mereka mendapat gaji, dan membuangnya kedalam  kartu kredit (dengan bunga tinggi tentunya ) dan membuangnya di kredit mobil atau motor atau pengeluaran yang liabilitas atau harganya terus menurun.

Jadi mereka hanya akan berkerja untuk membeli barang, jadi jika ingin membeli barang dengan harga yang mahal maka mereka juga harus berkerja lebih keras!

  • KELOMPOK ORANG KAYA

Inilah neraca rahasia mengapa orang kaya semakin kaya. Orang kaya Fokus dan sangat fokus untuk membayar diri mereka terlebih dahulu. Kiyosaki bilang paksakan 30 % penghasilan anda untuk membangun asset terlebih dahulu , yaitu untuk investasi bisnis, property,saham, sumbangan .

Baru sisanya digunakan untuk keperlun sehari-hari anda. Bahkan Kiyosaki membayar dirinya terlebih dahulu 80 % untuk dirinya dan dengan 20 % dia gunakan untuk keperluan sehari-hari. Bayangkan jika gaji anda 2 juta anda suruh menabung 1.6 juta dulu (80% dari 2jt) baru sisanya 400ribu untuk hidup anda sehari-hari wahh 400 ribu dapat apa ya?? Pulsa pacar aja sudah habis.

Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya

Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya

Ya tapi inilah rahasianya.

Jangan melihat Kiyosaki yang 80 % ditabung , karena jelas kekayaan Kiyosaki sudah besar sekali. 20 % yang dia pakai untuk hidup sehari-hari aja mungkin nilainya mungkin lebih banyak dari gaji kita ya hehe. Karena itu cobalah 30 % dulu. Dan saya sampai sekarang menerapkan 30 % ini untuk bayar diri saya terlebih dahulu .

Nah sekarang pertanyaannya jika 30 % saya tabung dan sisanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan saya bagaimana ?

Dan inilah tantangannya, Kiyosaki punya jurus, anda harus mencari penghasilan tambahan diluar penghasilan anda, Dan jangan pernah mengutak-atik 30 % anda.

Anda wajib dan harus membayar diri anda 30 % dulu tanpa terkecuali.

Caranya ?? Mungkin anda bisa ikut Network marketing , atau berjualan kue setelah keluar kantor. Berbagai macam cara untuk menjaga 30 % anda.

Mengapa sangat keras sekali menjaga 30 % ini!! Karena inilah rahasianya. 30 % ini ditabung untuk menghasilkan asse , yaitu ketika terkumpul anda membeli property dan property tersebut disewakan dan menghasilkan arus kas.

Dan arus kas ini lah yang disebut Pasif income, tanpa anda bekerja didalamnya uang mengalir terus ke saku anda.

Ingat Cashflow adalah : “apa yang masuk kekantong anda, sedangkan liabilitas adalah : apa yang keluar dari kantong anda”

Ada 5 cara membangun asset menurut Kiyosaki yaitu :

  1. Bisnis
  2. Property
  3. Saham
  4. Komoditas ( emas, perak )
  5. Network marketing

Anda kebayang ketika aruskas anda datang misal dari hasil sewa property, anda belanjakan LCD, Ipad, apapun itu ..uang akan datang lagi bulan depannya toh..Beda dengan Neraca kaum miskin dan menengah , yang tidak memiliki asset. Uang keluar untuk bayar kartu kredit, untuk beli barang elektronik, tapi bulan depan tidak ada yg masuk lagi, kecuali gaji yang langsung habis untuk bayar utang-utang kartu kredit atau cicilan mobil.

Dan ketika kaum kaya mengumpulkan arus kas yang banyak dari hasil asset yang dibangun, kemudian dari aruskas yang dihasilkanasset tersebut di investasikan lagi dengan membeli asset lagi, dan terus menerus inilah yang membuat orang kaya makin kaya!!

Contoh anda memiliki Apartment seharga 500 juta dan menghasilkan uang sewa 5 juta , ketika arus kas ini dikumpulkan tiap bulan kemudian bisa dipakai untuk  membeli apartment berikutnya dan disewakan lagi, hasil kedua arus kas ini dinvestasikan lagi membeli property dan disewakan lagi , dan terus menerus . bayangkan berapa banyak pemasukan pasif yang anda terima .

Ketika anda sudah mengumpulkan 10 apartment saja sudah dapat pemasukan pasif 50 juta ( 5 juta sewa bulanan x 10 apartment ).

Dan anda tidak perlu khawatir siapa yang akan bayar cicilan hipotek ke bank, yaitu si pnyewa itu tersebut. Jika cicilan ke bank 1 aprtment anda adalah 3 juta dan anda berhasil menyewakan ke orang lain 5 juta., anda masih dapat aruskas masuk 2 juta.

Inilah yang mebuat orang kaya makin kaya, mereka focus ke asset , bukan ke liabilities. Dan asset yang dikumpulkan terus diputar dan diputar sehingga orang kaya semakin kaya.

Kiyosaki tidak suka berhemat, karena ketika kita berhemat kita berada dalam golongan kaum miskin dan menegah, jadi harus membiasakan diri dengan bergaya ala kaum orang kaya , karena dengan begitu membentuk otak bawah sadar kita menjadi orang kaya. Hanya saja Kiyosaki sangat keras untuk membelanjakan uang anda, yaitu bukan dari gaji anda, akan tetapi dari aruskas yang anda peroleh dari asset anda. Kiyosaki melakukan ini ketika ingin membeli  mobil Bentley untuk istrinya.

Kesimpulan :

Bagaimana  orang kaya maikin kaya :

  1. Potong kartu kredit anda sekarang juga !!!
  2. Berhenti mengutang untuk jangka panjang!!
  3. Lunasi kartu kredit anda perlahan-lahan !!( ada caranya di laman khusus )
  4. Paksakan 30 % penghasilan anda untuk membayar diri anda terlebih dahulu
  5. Buat Goal kedepan : Contoh “ tahun 2010 saya akan melunaskan kartu kredit saya sejumlah…”

Semoga artikel yang saya berikan ini bermanfaat untuk anda, dan jika anda masih malas membaca artikel ini, anda bisa melihat videonya dibawah ini.

Leave a Reply