12 WordPress SEO Hacks untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Meningkatkan Traffic Website Anda – Pasti kita semua ingin memiliki website yang SEO friendly dan banyak dicari oleh orang di mesin pencari google. Karena itu banyak orang-orang yang mencari bagaimana cara belajar membuat artikel yang SEO friendly dan banyak di lihat orang. Kalau hanya kita membuat dan mempublikasi artikel kita, itu adalah hal yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi ini adalah hal yang terpenting dalam suatu website artikel.

Di artikel kali ini saya akan memberikan kepada anda 12 tips cara Meningkatkan Traffic Website Anda yang bisa anda lakukan dengan mudah. Saya sudah merangkumnya dengan mudah dan singkat agar anda bisa memahaminya dengan lebih mudah.

12 Langkah untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Meningkatkan Traffic Website Anda

Meningkatkan Traffic Website Anda

Post artikel secara rutin

Google memiliki bias yang suka dengan artikel atau content yang baru pada mesin pencari mereka atau alias kontent segar. Jadi algoritma Google melihat bagaimana konten baru itu memberikan preferensi untuk hal-hal yang lebih baru dibanding artikel sebelumnya.

Jadi untuk dapat menaikan ranking anda di google, anda perlu menerbitkan konten asli yang anda tulis secara teratur. Biasanya untuk membuat konten Google menilai konten yang lebih panjang dan menarik. Misal konten yang memiliki 500 kata atau 600 kata lebih baik dibanding dengan konten yang memiliki 200 kata saja.

Jadi usahakan untuk selalu menulis konten lebih dari 500 kata atau minimal 500 kata sehingga terlihat bagus di mata Google.

Membuat kata kunci

SEO adalah hal utama yang paling penting dalam membuat sebuah artikel atau bisa dibilang prioritas utama dari sebuah artikel. Jadi sangat penting untuk memberi atau mendaftar kata kunci di dalam artikel anda.

Kata kunci ini harus mencakup kata-kata dari istilah pencarian yang sering dicari atau banyak dicari orang atau berkaitan dengan produk atau penawaran yang anda berikan. Untuk memudahkan hal tersebut, Google sudah menyediakan tools untuk mencari kata kunci yang anda bisa pakai yaitu Google Search, Google Suggest, Google Instan dan Google Wonder Wheel.

Baca juga: Apa itu SEO?

Anda bisa memanfaatkan tools yang sudah diberikan google untuk mencari kata kunci dan menigkatkan kualitas artikel anda.

Instal Plugin SEO

Meningkatkan Traffic Website Anda

Meningkatkan Traffic Website Anda

Plugin SEO ini wajib anda install di WordPress anda karena dengan plugin ini anda dapat mengatur kata kunci yang anda inginkan seperti judul dan meta deskripsi untuk artikel anda.

Hal yang terpenting dalam plugin ini adalah pemberian meta dan kata kunci. Pemberian meta deskripsi adalah agar memudahkan anda dalam menarik pengunjung masuk ke website anda. Dan kata kunci sebagai kata pencari orang untuk masuk ke website anda.

Beberapa plugin SEO yang populer dan juga saya gunakan sendiri adalah Yoast SEO dan All in One SEO Pack. Anda bisa memilih salah satu dari plugin tersebut, tetapi saran saya yang lebih mudah untuk digunakan adalah plugin Yoast SEO.

Jadi pastikan anda menginstal plugin SEO ini, karena akan sangat berdampak untuk website anda.

Mendaftarkan artikel anda

Setelah anda membuat artikel, anda perlu mendaftarkan artikel anda ke google agar artikel anda dapat muncul di mesin pencari google. Itu sebabnya jika anda dapat mendaftarkan artikel anda di Google dan mesin pencari yang populer lainnya maka traffic dari website anda akan sangat banyak.

Anda mungkin pernah melihat atau membaca mengenai tools yang akan mengirimkan artikel anda ke ratusan mesin pencari dengan cara berbayar. Cara itu tidak akan berhasil alias hoax karena hampir semua direktori bebas tidak pernah mengirim pengunjung yang sebenarnya ke website anda.

Karena itu saya akan berikan tools yang sudah di sediakan oleh Google untuk mendaftarkan artikel anda ke mesin pencari Google. Tetapi pertama- tama Anda harus mendaftar terlebih dahulu di Google Search Console dan mendaftar kan website anda di sana. Baru anda bisa mendaftarkan artikel anda di mesin pencari Google.

Memberi tags

WordPress juga sudah menyediakan beberapa tools untuk membuat artikel anda SEO friendly yaitu dengan cara memberi tags. Cara memberinya anda tinggal menaruh atau menulis kata kunci yang anda pilih di kotak atau kolom tags pada bagian kiri layar post anda.

Pastikan anda memberi tags dengan kata kunci pada setiap artikel yang anda posting.

Meninggalkan comment di blog lain

Salah satu faktor penilaian Google dalam search engine adalah backlink. Semakin banyak backlink maka semakin tinggi pencarinya dan mendapat authority site atau web authority.

Cara ini digunakan untuk membangun backlink, karena dengan cara meninggalkan comment di blog orang maka kita akan mendapatkan backlink dari orang tersebut.

Block spam comment

Jika anda sudah memiliki banyak artikel, maka banyak orang yang akan spam comment ke blog atau website anda. Jadi pastikan untuk block semua comment dam spam. Salah satu plugin untuk block comment spam ini adalah akismet, Anda bisa mencarinya di WordPress Plugin.

Orang yang meninggalkan comment spam lebih dari 5 akan sangat menurunkan kualitas kata kunci serta website anda.

Internal linking

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan banyak traffic adalah dengan internal linking. Berbeda dengan backlink, kalau backlink anda meminta link dari luar untuk masuk ke website anda, tetapi kalau internal linking anda meminta pengunjung website anda untuk emlihat artikel anda berikutnya atau yang ada di website anda.

Menggunakan image Alt Tags

Jika anda memasang gambar maka akan ada kolom berisi img Alt Tags yang harus anda isi, Anda wajib untuk mengisi kolom tersebut karena akan menaikan ranking pencarian gambar di Google, sehingga gambar anda akan mudah untuk dicari.

Google juga memiliki mesin pencari gambar yang sama cara kerjanya dengan website yaitu dengan cara pemberian kata kunci yang ditulis dalam image Alt Tags.

Jadi pastikan anda sudah memberi kata kunci pada kolom image Alt Tags di semua gambar anda.

Memikirkan judul artikel anda

Sebelum anda memberi judul pada artikel anda sebaiknya dipikirkan kembali, karena judul dari artikel diusahakan memiliki kata kunci dan mengandung kata kunci yang beraneka ragam. Misalnya artikel membahas mengenai sosial media, maka anda bisa memberi judul ‘ Tips menjalankan bisnis di sosial media’ dengan kata kunci bisnis di sosial media.

Hal ini penting untuk dipikirkan karena akan sangat berdampak pada kata kunci pencari di Google.

Menambah sosial media sharing

Memberi sosial media button sharing adalah salah satu hal yang wajib dilakukan karena akan menmbah traffic anda dengan pesat. Mengapa? kita bisa lihat saja artikel berita yang viral berasal dari sosial media.

Selain itu sosial media juga memudahkan anda untuk memperkenalkan blog atau web anda kepada orang.

Update theme WordPress anda

Meningkatkan Traffic Website Anda

Meningkatkan Traffic Website Anda

Tidak semua theme wordpress itu SEO friendly, banyak dari theme gratisan yang bisa mempengaruhi nilai search keyword anda atau ranking website anda dalam mesin pencari google.

Jadi pastikan untuk selalu mengupdate theme wordpress anda atau membeli theme wordpress yang SEO friendly agar lebih aman.

 

Leave a Reply