Panduan Menulis Proposal Bisnis Yang Mudah

Panduan Menulis Proposal Bisnis –¬†Untuk membuat rencana bisnis atau bisnis plan merupakan cara untuk mendatangkan investor untuk memberi kita modal dalam menjalan usaha atau bisnis.

Bisnis plan bukan hanya sekedar rencana kerja tetapi juga memiliki nilai seni tersendiri dalam menulisnya.

Terkandung unsusr persuasif, mengajak dan menjual agae pembaca mau untuk diajak berkerja sama dalam sebuah bisnis untuk memberikan modal pinjaman.

Banyak bisnis plan menjadi salah satu bidang yang diperlombakan dalam kompetisi kewirausahaan.

Biasanya mahasiswa atau kaum muda yang memiliki ide kreatif dan unik yang mengikuti.

Jarang orang yang mampu untuk menulis bisnis plan ini secara singkat, padat dan jelas, apa lagi memberi kalimat yang persuai to the point kepada pembaca proposal.

Rencana bisnis pasti memiliki sesi presentasi untuk menjelaskan secara langsung dan detail. Tetapi di sesi presentasi ini biasanya karena suatu hal tidak dapat dilaksanakan sehingga satu-satunya jalan adalah mengajukan proposal bisnis.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menulis dan penulisan proposal bisnis agar investor menyetujuinya.

Beberapa panduan menulis proposal bisnis dengan mudah

Panduan Menulis Proposal Bisnis

Panduan Menulis Proposal Bisnis

  • Menulis dari perspektif audiens

Maksudnya apa? disini arti kata audiens adalah investor yang akan membaca proposal kita nantinya. Sebelum para investor memberikan dana, pastilah investor membutuhkan kepastian rancangan kerja ketika bisnis ini berjalan.

Apakah rencana kedepan bisnis ini setelah di beri dana? dan yang paling utama adalah kapan para investor dapat memperoleh keuntungan dari investasi mereka dan berapa jumalh keuntungannya.

  • Riset pasar dengan baik

Meriset pasar secara mendalam ini sangat penting untuk anda cantumkan pada proposal bisnis plan anda.

Contoh mengenai tingkat permintaan konsumen bisnis anda, kemampuan beli calon konsumen, dan juga akses konsumen untuk menggunakan produk atau jasa anda dan juga prediksi peningkatan konsumen anda.

Semua harus jelas dan tercantum agar meyakinkan investor untuk memberikan dana kepada anda.

  • Memahami pesaing bisnis anda

Memahami pesaing sangat penting karena tidak ada orang yang pergi berperang tanpa memahami terlebih dahulu musuhnya.

Jadi penting bagi anda untuk mengerti secara detail hal-hal yang berkaitan dengan bisnis anda.

Contohnya bagaimana pesaing anda melakukan produksi, inovasi dan kreatifitas pesaing anda serta sistem pemasarannya yang mereka lakukan selama ini.

Anda harus mengetahui hal-hal ini dan menentukan langkah-langkah kedepan yang akan membuat bisnis anda berkembang. Jangan lupa untuk menyertakan data analisis kedalam proposal anda tersebut.

  • Fokus pada detail

Apa maksudnya fokus pada detail? Maksudnya adalah anda harus menulis semua informasi dan hasil riset pasar anda kedalam proposal.

Investor pasti akan lebih suka jika diberi informasi se detail-detailnya mengenai usaha yang akan anda ajukan tersebut.

Proposal bisnis yang lengkap dan detail akan menambah nilai plus dan juga menarik minat investor untuk berinvestasi kepada anda.

  • Fokus pada peluang

Banyak orang yang tidak fokus pada peluang usaha, sehingga pada akhirnya mengalami jalan buntu. Jika anda ingin mengajukan proposal bisnis, anda harus bisa melihat peluang usaha agar dapat meyakinkan investor.

Peluang usahalah yang menjadi tujuan utama investor dalam membaca proposal bisnis anda tersebut. Berapa besar peluang untuk memperoleh keuntungan dengan investasi kepada anda dan juga apa keuntungan investor berinvestasi pada bisnis anda.

Sertakan peluang-peluang usaha yang menarik agar investor lebih memilih untuk berinvestasi kepada anda dari pada menyimpan uang mereka di bank.

Panduan Menulis Proposal Bisnis

Panduan Menulis Proposal Bisnis

  • Pastikan semua hal penting ada

Pastikaan bahwal anda tidak lupa untuk menulis nama usaha anda, produk atau jasa yang anda jual, riset pasar yang anda buat, pesaing anda, tim manajemen anda, teknik pemasaran anda, operasional dan juga keuangan anda.

Buat bagan yang menarik ketika menyajikan data proposal agar memberi warna yang mencolok dan terlihat jelas.

  • Lakukan perhitungan yang matang

Melakukan perhitungan dalam sebuah bisnis merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Salah satunya adalah perhitungan angka terkait besar modal, prediksi keuntungan bisnis dan kerugian bisnis.

Sertakan juga secara detail mengenai rancangan cash-flow dan bagan BEP atau break heaven point sehingga investor lebih yakin untuk berinvestasi pada anda.
Satu hal lagi yang akan mengakhiri artikel mengenai panduan menulis proposal bisnis yaitu adalah rangkuman eksekutif.

Apa itu? Rangkuman eksekutif adalah hal terpenting dari semua bagian proposal. Rangkuman ini mencakup seluruh bagian dari isi proposal bisnis anda dan biasanya diletakan di depan.

Pada bagian ini juga biasanya investor sudah menentukan ketertarikannya untuk berinvestasi kepada anda atau tidak. Sekian, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply