Pendahuluan | Apa itu website ?

Dengan semakin cepat perkembangan jaman, pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya website. Segala sesuatu yang kita cari di google atau mesin pencari akan terhubung ke suatu website.

Dijaman ini sepertinya membuat website adalah suatu keharusan yang harus dimiliki, tidak hanya perusahaan tetapi sudah banyak orang atau pribadi yang memiliki website sendiri untuk mempromosikan atau menambah brand image diri sendiri.

Banyak sekali jenis website, ada landing page, e commerce, website portfolio dan masih banyak lagi.

Disini saya akan membantu anda untuk memahami Apa itu Website dan jenis-jenis website serta bagaimana cara untuk membuatnya. Dengan begitu kalian punya referensi untuk membuat website dengan design atau jenis seperti apa. So baca artikel ini sampai habis ya…

Pengertian Website

Website adalah sebuah kumpulan dari halaman yang dibuat didalam satu domain untuk di tampilkan pada mesin pencari yang bisa dinikmati oleh khalayak umum. Isi dari sebuah website bisa berupa artikel, seperti yang anda baca saat ini, video, atau gambar yang berguna untuk menyampaikan informasi yang bermanfaat.

Website biasanya memiliki banyak sekali halaman yang dapat di akses melalui home page atau halaman utama, sehingga dapat memudahkan kita untuk mencari atau menuju informasi yang bisa kita berikan. Ini adalah contoh dari halaman utama dari website imersmuda.com

Di halaman utama ini, anda bisa memberikan informasi dan juga halaman halaman lain seperti dashboard, blog, dll. untuk memudahkan pencari mendapatkan informasi yang jelas di dalam website kamu.

Jenis Jenis Website

Nah setelah tau pengertian website, sekarang kamu juga harus tau ada berapa jenis website yang ada agar kamu lebih tau untuk memilih mana yang tepat dan cocok untuk usahamu atau design website mu yang ingin kamu buat.

  1. Landing Page

Website Landing page ini biasanya di pakai orang untuk menyampaikan informasi yang jelas dan padat agar semua informasi tersampaikan dengan baik. Biasanya website ini dipakai untuk menjual suatu produk atau barang/jasa. Website ini desainnya simple dan tidak memiliki menu navigasi, karena tujuan dari website ini adalah untuk menjual jadi tombol yang ada adalah untuk checkout atau langsung membeli produk tersebut.

seperti ini contohnya

Ibarartnya website landingpage ini seperti brosur yang ingin menawarkan suatu produk, dan biasanya sering sekali di iklankan di facebook atau media sosial lainnya.

Jadi, kalau kalian ingin menjual produk atau menawarkan produk yang spesifik, jenis website landingpage bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda coba. Cara membuatnya sangat mudah, dan kamu bisa belajar nanti. Link pelajaran ada di akhir post ini.

2. Website E-Commerce

Jenis yang kedua ini mungkin lebih populer di banding yang pertama, dimana bentuk website ini adalah seperti toko dan cocok buat anda yang memiliki produk banyak agar pengunjung bisa melihat informasi mengenai produk kamu. Saat ini website e commerce terbesar adalah tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, dll. Tetapi banyak juga website kecil yang menggunakan jenis e commerce seperti ini, contohnya adalah mensrepublic, livehaf, dan masih banyak lagi.

Website jenis ini sedikit lebih susah untuk membuatnya, karena memiliki banyak sekali kategori produk dan juga plugin yang akan digunakan, sehingga cukup kompleks. Selain itu fiturnya juga lebih banyak, tetapi tenang saja, akan ada pelajaran untuk membuat website e commcerce seperti ini di link akhir dari post ini.

3. Website Blog

Setelah e commerce, yang dulu viral di tahun sekitar 2010an adalah website blog, dimana semua orang membuat website dengan menggunakan blogspot secara gratis. Tetapi sekarang orang membuat website blog tidak menggunakan blogspot lagi, mungkin masih ada beberapa, tetapi saat ini orang lebih ingin membuat website nya sendiri tanpa ketergantungan dengan platform yang menyediakan membuat blog secara gratisan seperti blogspot, wordpress, dll. Dan salah satunya website imersmuda adalah website yang berbasis blog juga.

Tujuan dari website blog ini adalah untuk mendapatkan views sebanyak mungkin atau pengunjung ke website anda agar informasi yang dibagikan di blog dapat bermanfaat bagi pengunjung website. Jenis blog ini banyak, bisa mengenai travelling, kuliner, pelajaran atau ilmu, dan juga bisa mengenai komik atau cerita. Jadi sangat beragam dan biasanya tujuan dari website blog ini untuk berbagi cerita dan pengalaman.

Salah satu contohnya website jenis blog ini adalah catperku, dimana di blog tersebut membagikan cerita pengalaman travelling & jalan jalan.

Jadi, jika anda ingin menjadi penulis atau blogger, anda bisa membuat website seperti ini.

Lalu pastinya ada pertanyaan apakah membuat website blog bisa menghasilkan juga ? Jawabannya bisa, dengan cara partnership dengan sponsor atau memberikan review terhadap sesuatu yang berhubungan dengan topik yang anda bahas. Jadi jangan takut untuk memulai blogging ya teman-teman.

4. Website portfolio

Website jenis ini biasanya dipakai oleh teman-teman kita dari jurusan desain untuk mempromosikan hasil kerja mereka atau portfolio mereka agar lebih menarik klien. Tujuan nya pasti sudah jelas, untuk menarik klien agar menggunakan jasa kita. Biasanya grafis desainer, fotografer, artis, pelukis, UX desainer dan masih banyak lainnya.

Contohnya adalah evie bauland, salah satu website portfolio yang sangat keren menurut saya.

Jika kamu seorang desainer, freelancer mungkin website portfolio ini juga bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk kamu.

Selain jenis jenis website diatas masih banyak lagi website yang ada, so jangan batasi kreatifitas mu untuk membuat sebuah website.

Manfaat Memiliki Website

Manfaat memiliki website sendiri ada banyak, yang pertama anda menjadi lebih professional dan dapat meningkatkan brand image anda. Selain itu juga anda bisa membuat klien anda lebih percaya terhadap jasa atau barang yang anda jual dan juga memudahkan klien untuk menemukan anda karena dapat di akses dengan mudah di mesin pencari seperti Google dll.

Jadi, jangan lupa untuk memulai membuat website pertamamu sekarang ya.

Biaya Membuat Website

Lalu banyak juga yang tanya, berapa biaya untuk membuat website ? Bervariasi dan tergantung hosting, jasa dan juga domain yang anda beli.

Ok langsung saja saya beri perhitungannya. Yang utama adalah anda harus membeli hosting, harga hosting bervariasi, ada hosting lokal dan juga luar negeri tentu harganya juga sedikit berbeda, tetapi tidak terlalu jauh.

Harga rata2 hosting adalah sekitar 300rb – 1,5jt pertahunnya tergantung dari hosting yang anda pakai dan juga besar kapasitasnya, Kalu website imersmuda saya menggunakan hosting dari hawkhost. dan biayanya adalah sekitar 500rb – 600rb per tahunnya dan saya beli paket yang langsung untuk 2 tahun karena biasanya lebih murah jatuhnya.

Kemudian anda harus membeli nama website anda yaitu domain, rata2 harga domain .com adalah sekitar 130rb – 160rb pertahunnya. dan berbeda jika anda menggunaan ekstension lain seperti .id atau .co.id atau .my dll.

jadi biaya pertahunnya sekitar 800rb sampai 1 jt untuk memilihara website kita selama 1 tahun, sangat terjangkau sekali.

Cara Membuat Website

Oke setelah kita mengenal model dan jenis website, nah bagaimana cara membuatnya dengan mudah. Tenang kalau kalain tidak bisa programming anda masih bisa tetap membuat wesite dengan bantuan dari cms wordpress. Caranya adalah yang pertama kalian harus menyiapkan hosting dan juga nama domain. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat post saya mengenai cara membuat website disini.

Jika kalian kurang paham mengenai apa itu hosting dan domain, anda bisa lihat postingan saya mengenai apa itu hosting dan domain.

Write a comment