(Last Updated On: April 10, 2019)
Pengertian Bisnis Online – Jika anda masih belum tau mengenai bisnis online jaman sekarang, anda datang ke artikel yang tepat ! Langsung saja saya bahas sedikit mengenai pengertiannya.
Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet). Aktivitas bisnis online ini bisa meliputi kegiatan jual beli online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya yang bisa kita temukan di online di berbagai bidang industri.

Intinya, jika Anda memiliki suatu ide bisnis maupun produk yang unik, Anda bisa langsung memulai menjualnya lewat internet. Artinya, semua orang bisa saja memulai bisnis online.

Sebagian orang mendefinisikan bahwa bisnis online adalah aktifitas berdagang atau melakukan bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui dunia maya mulai dari negoisasi sampai kegiatan transaksinya, seperti menjual produk digital, ebook dll.

Dan anda harus memiliki kemampuan memasarkan di dunia online, karena di dalam dunia online sangat terbuka kesempatan luas untuk bisa membantu memasarkan produk-produk orang lain baik perorangan maupun perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang menggiurkan.

Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni

  • Bisnis adalah suatu usaha yang dilakukan seseorang atau bersama-sama untuk mendapatkan keuntungan dari hasil produksi produk atau jasanya untuk memenuhi kebutuhan klien atau konsumennya.
  • Online adalah sesuatu jaringan yang terhubung, dengan kata lain kita bisa langsung berkomunikasi dengan orang dengan jarak yang sanga jauh dengan cepat.

Jadi bisa di simpulkan dari hal diatas bahwa Bisnis Online adalah sesuatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di dunia maya untuk menghasilkan uang. Sama Seperti kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bedanya bisnis online di jalankan lewat dunia maya agar dapat lebih menjangkau banyak orang dan mendapatkan keuntungan.

Dan kalau saya boleh bilang, sebetulnya ini sama halnya seperti kita melakukan transaksi jual beli secara tradisional, namun kantor atau toko Anda berada di online, jadi nantinya kita juga harus memutuskan mau dibikin seperti apa tampilan website bisnis kita ke depannya.

Apa yang perlu Anda ketahui tentang pengertian bisnis online?

Jenis Bisnis Online

Kegiatan bisnis online ini bisa diwujudkan dalam berbagai jenis (wujud tampilan di internet). Antara lain berbentuk:

  • Website
  • Toko online atau marketplace
  • Blog
  • Akun sosial media

Tantangan Dalam Bisnis Online

Potensi bisnis online memang sangat besar dan menggiurkan, namun proses dan tantangan yang harus kita hadapi pun bukan sesuatu yang ringan dan tidak semudah yang dibayangkan oleh orang.

Ada banyak hal yang bisa kita pertimbangkan ketika hendak memulai bisnis online atau mengonlinekan bisnis yang sudah ada, terutama jika Anda bukan seseorang yang familiar dengan komputer, atau bahkan belum pernah membangun bisnis sebelumnya.

Meskipun begitu, ada beberapa tantangan yang mau tidak mau harus kita hadapi, antara lain:

  • Membutuhkan kemampuan teknis mengenai website dan internet
  • Pengeluaran biaya untuk gadget, perangkat komputer, dan software pendukung
  • Resiko penipuan online

Baca juga artikel tentang bagaimana cara memulai bisnis online untuk pertama kali

di halaman lain blog ini, barangkali itu bisa memberikan gambaran tentang cara penerapan praktisnya.

Tambah pengetahuan anda mengenai dunia digital

Memahami tentang cara menggunakan komputer dan beberapa software pendukungnya, serta cara memanfaatkan internet dengan baik dan benar, akan sangat membantu kita dalam menjalankan bisnis online.

Jangan berkecil hati jika Anda merasa kurang memahami teknologi, di luaran sana banyak sekali informasi maupun kursus yang bisa kita dapatkan untuk mendukung kita supaya lebih memahami tentang hal seperti ini.

Yang penting tetap belajar dan tetap berusaha.

Nah, kurang lebih itu gambaran singkat tentang pengertian bisnis online. Jika dirasa masih kurang, silahkan Anda kembangkan sendiri pemahaman tentang hal ini dengan mencari sumber informasi yang banyak sekali ada di internet.

Bagaimana tips untuk memulainya ?

Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang bagaimana cara sukses usaha bisnis online. Adapun dalam tulisan ini akan bahas dibawah ini:

1. Tentukan Tujuan

Dalam menentukan tujuan ini, Anda harus terlebih dahulu memikirkan sebuah tujuan, tentang sektor bisnis online apa yang akan hendak dilakoni. Sebagai contoh bisnis online jualan baju lewat Facebook, binsin online membuat Blog, bisnis online melalui Twitter dan lain sebagainya. Dengan memantapkan tujuan bisnis online, tentunya akan mempengaruhi keberhasilan usaha online yang akan dilaksanakan nantinya.

2. Riset Pasar

Memulai bisnis online sesuai minat merupakan hal yang baik. Dan akan lebih baik jika sebelumnya diikuti dengan riset. Melakukan riset pasar adalah cara untuk mengendus seberapa baik potensi pasar.

3. Jangan Ditunda

Jika sudah punya tujuan Bisnis Online maka segera lakukan, laksanakan. Jangan ditunda-tunda. Sebab sering kejadian sesuatu yang ditunda akhirnya tidak jadi dilaksanakan. Apalagi kalau sudah punya ide, langsung laksanakan jangan ditunda.

4. Lakukan Bertahap

Menjalankan bisnis online bukan kerja semalam. Namun merupakan kerja yang membutuhkan konsistensi dan dilakukan secara terus menerus. Pebisnis online selalu punya langkah lanjutan untuk membuat bisnis onlinenya lebih sukses.

5. Perluas Jaringan

Teman, kawan dan jaringan merupakan kepanjangan tangan dari pengaturan rejeki yang sudah diatur oleh Tuhan. Makin banyak jaringan anda, makin banyak pintu rejeki akan mengalir pada anda.

6. Marketing

Marketing atau pemasaran adalah penggerak dari segala jenis bisnis di dunia ini, termasuk di bisnis online. Di dunia Bisnis manapun Marketing adalah pendukung utama penjualan, jangan bosan untuk melakukan Marketing. Perusahaan yang sudah besar sekalipun tidak bosan-bosan melakukan Marketing.

7. Berani Ambil Resiko

Yang namanya Resiko disetiap kegiatan apapun selalu ada, baik resiko terbaik maupun resiko terburuk. Tinggal bagaimana kita memandang resiko terutama resiko yang buruk. Kata para ahli orang yang sukses adalah orang yang berani ambil resiko.

8. Harus Fokus

Anda harus fokus dalam memulai bisnis online. Anda harus konsisten dalam memulai bisnis online ini. Karena kunci kesuksesan dalam bisnis online adalah konsisten.

Mungkin ada saatnya anda mengalami kebosanan saat harus menjalankan ini itu agar bisnis online anda tetap berjalan. Bosan merupakan sifat yang sangat manusiawi. Namun untuk berhasil anda harus bisa mengalahkan sifat mudah bosan. Yang namanya hidup ini adakalanya kita merasa bosan, makan saja kadang bosan. Tapi rasa bosan jangan dibiarkan, cari variasi lain biar nggak bosan.

 

Jadi sekian dulu tips dan triks yang bisa saya bagikan kepada anda, jika bermanfaat bisa share artikel ini dengan cara kopi link artikel ini dan share di group chat kalian.

Semoga anda bisa menjalankan dan mempraktekan bisnis online ini.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian