(Last Updated On: Mei 22, 2019)

Pengertian inovasi – Seiring perkembangan zaman, hasil pemikiran maupun pengembangan dan juga pemanfaatan yang ada menjadi peran yang sangat penting. Hal tersebut menjadi bagian penting dari sebuah inovasi. Namun apa pengertian inovasi itu sendiri? Dan bagaimana manfaat dan juga ciri-ciri dari inovasi? Untuk lebih lanjut, simak informasinya berikut ini!

Definisi Dari Inovasi

berdasarkan pengertian inovasi dari beberapa para ahli yaitu sebuah penemuan baru yang berbeda yang diciptakan seseorang baik yang sudah ada sebelumnya atau berupa penyempurnaan. Seorang yang inovasi merupakan seorang yang selalu menemukan sesuatu yang baru baik itu perbaikan, cara menyajikan maupun cara mengelola. Penemuan baru tersebut tentunya berbeda dan terbilang unik.

Inovasi itu sendiri sebenarnya menjadi pembeda bagi seseorang. Hal ini karena ia mampu berfikir lain dan diluar dari apa yang seseorang pikirkan pada umumnya. Seseorang yang inovasi juga biasanya mampu menjadi pengembang sumber daya secara lebih produktif sehingga mampu menghasilkan nilai ekonomis yang lebih besar.  Secara garis besar, pengertian dari inovasi tersebut yaitu sebuah penemuan baru, maupun upaya perbaikan dan penyempurnaan sesuatu.

Manfaat Dari Sebuah Inovasi

pengertian inovasi

Keberadaan inovasi menjadi sebuah hal yang perlu dilakukan oleh setiap manusia. Hal ini menjadikan setiap orang mampu memiliki pemikiran khusus dan juga mampu memberikan perubahan dalam hidupnya. Ada beberapa manfaat dari adanya sebuah inovasi, antara lain:

1. Mampu Meningkatkan Kualitas

Sebuah inovasi tentu menjadi sebuah pemikiran baru untuk menjadikan lebih baik. Meningkatkan sesuatu baik produk maupun pelayanan tentunya akan menjadi keunggulan tersendiri. Dengan adanya sebuah inovasi, maka suatu produk atau pelayanan tersebut akan semakin berkualitas sehingga memiliki nilai yang lebih tinggi.

2. Mengurangi Kerusakan Lingkungan

Terkadang sesuatu hal yang dilakukan manusia tanpa disadari menjadi salah satu hal yang menjadi penyebab kerusakan lingkungan. Dengan adanya sebuah inovasi, manusia akan mampu mengurangi hal tersebut. hal ini karena mampu menemukan sebuah alternatif lain yang tidak hanya terpacu pada satu jalan saja.

3. Mengurangi Penggunaan Energi

Dengan adanya sebuah inovasi, manusia akan mampu mengurangi adanya energi yang dipakai biasanya. Hal tersebut akan mampu menghemat energi yang tersedia sehingga bisa memaksimalkan energi yang ada. Energi tersebut bisa berupa energi dari alam maupun dari manusia itu sendiri.

4. Menyempurnakan Fungsi

Terdapat beberapa fungsi dari sebuah produk maupun pelayanan. Ketika terdapat sebuah inovasi, maka fungsi dari produk maupun pelayanan tersebut akan berkembang atau bahkan menjadi lebih sempurna. Hal tersebut menjadikan adanya inovasi memiliki manfaat yang lebih baik dalam mengembangkan bisnis maupun memecahkan sebuah masalah.

5.  Memberikan Sebuah Kemudahan

Pada dasarnya pengertian inovasi adalah upaya untuk menciptakan sesuatu baru yang lebih baik lagi. Hal ini tentunya akan memberikan dampak   kemudahan bagi seseorang untuk menggunakan sesuatu. Dengan adanya inovasi, seseorang akan mampu memberikan sebuah jawaban dengan pemikiran yang lebih fungsional.

Jenis Dari Inovasi

Inovasi dikategorikan dalam beberapa jenis. Hal ini hal ini terlihat dari perubahan yang ada setelah adanya inovasi tersebut. jenis inovasi tersebut yaitu:

1. Berdasarkan Kecepatan Perubahan

Kecepatan perubahan yang timbul setelah adanya inovasi terdiri dari dua macam, yaitu:

  • Inovasi radikal. Inovasi ini biasanya dilakukan oleh pembesar atau seseorang yang sudah benar-benar ahli. Skala perubahan dari inovasi radikal ini terbilang besar. Biasanya inovasi radikal terjadi ketika dalam sebuah lembaga keuangan ataupun manufaktur.
  • Inovasi incremental. Berbanding terbalik dengan inovasi radikal, inovasi incremental ini merupakan inovasi dalam skala kecil.

2. Berdasarkan Fungsi Yang Ada

Inovasi juga dikategorikan dalam fungsi yang ada atau kegunaan dari inovasi tersebut. inovasi jenis ini meliputi:

  • Inovasi teknologi. Berdasarkan fungsi yang satu ini, inovasi dalam bidang teknologi memang selalu menjadi pemikiran tersendiri. Hal ini karena seiring perkembangan zaman, teknologi akan selalu mengalami perkembangan yang pesat. Baik dari cara penggunaan hingga proses yang dihasilkan dari inovasi tentunya akan semakin memudahkan manusia.
  • Inovasi sosial. Manusia tidak akan lepas dari yang namanya hubungan dengan orang lain atau dalam istilahnya yaitu sosial. Inovasi sosial ini tentunya erat hubungannya dengan bagaimana seseorang akan menjalankan aktivitasnya dengan seseorang menjadi lebih mudah.

Inovasi menjadi sebuah hal yang terbilang sangat penting. Hal tersebut menjadikan seseorang hendaklah berfikir untuk selalu berinovasi.  Tujuannya ketika dilihat dari pengertian inovasi adalah supaya menjadikan hidup menjadi lebih mudah dan juga efektif.

Apa Tujuan Inovasi ?

pengertian inovasi

Inovasi dilakukan karena ada tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh manusia. Adapun tujuan inovasi adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kualitas

Secara umum, tujuan inovasi di berbagai bidang adalah untuk meningkatkan kualitas dan juga nilai sesuatu hal yang sudah ada, baik itu produk atau layanan. Dengan adanya inovasi terbaru, diharapkan produk-produk tersebut memiliki keunggulan dan manfaat yang lebih bernilai dari sebelumnya.

2. Mengurangi Biaya

Inovasi juga bertujuan untuk membantu mengurangi biaya, khususnya biaya tenaga kerja. Sebagai contoh, sekarang ini banyak diciptakan mesin atau peralatan yang dapat menggantikan tenaga manusia dalam proses produksi.

Dengan adanya mesin dan peralatan tersebut maka biaya tenaga kerja untuk produksi akan semakin berkurang. Selain itu, penggunaan mesin dan peralatan pada proses produksi barang/ jasa tertentu akan menghasilkan kinerja lebih baik.

3. Menciptakan Pasar Baru

Dengan adanya produk yang lebih bernilai tinggi sebagai hasil dari inovasi, maka hal ini akan menciptakan pasar baru di masyarakat.

4. Memperluas Jangkauan Produk

Salah satu contohnya dapat kita lihat dari bisnis e-commerce seperti saat ini. Para pengusaha memperluas jangkauan produk mereka dengan memanfaatkan internet yang dapat diakses lebih banyak calon konsumen potensial.

5. Mengganti Produk/ Layanan

Inovasi juga bertujuan untuk mengganti produk atau layanan yang dianggap kurang efektif/ efisien. Salah satunya dapat kita lihat inovasi yang terjadi pada mesin sepeda motor yang sekarang lebih hemat bensin.

6. Mengurangi Konsumsi Energi

Manusia selalu ingin menghemat penggunaan energi, itulah sebabnya ada banyak sekali inovasi yang dilakukan manusia. Salah satunya adalah adanya sumber energi terbarukan yang memanfaatkan alam, misalnya tenaga surya, angin, dan air, sebagai sumber energi listrik.

Mengapa Harus melakukan Inovasi

Di dunia dengan perkembangan jaman yang semakin cepat di era internet ini kita harus terus untuk melakukan inovasi. Selain karena perubahan yang cepat, kita juga harus terus berubah untuk menyesuaikan sikap dan perilaku orang karena dampak dari perubahan yang sangat cepat.

Contohnya dulu orang yang tidak main instagram, sekarang banyak orang yang bermain instagram dan bahkan bisa menjadi lapangan perkerjaan dan bisnis. Selain itu juga bisa menjadi alat untuk mempromosikan barang kita. Dari sini kita bisa lihat bahwa ada perubahan pola atau kebiasaan masyarakat.

Jika kita tidak berubah untuk ikut inovasi berpromosi di instagram atau media sosial contohnya, maka kita bisa tertinggal dan tidak dapat bersaing dengan orang lain atau kompetitor kita.

Bagaimana cara melakukan inovasi

Yang pertama adalah harus membuat dan Memiliki ciri khas, dengan kata lain suatu ide dapat dikategorikan dalam inovasi bila memiliki ciri khas yang spesifik. contohnya bila produk anda beda dari yang lain atau anda menemukan produk baru.

Membuat ide ide baru atau produk yang dapat menyelesaikan solusi permasalahan bisa menjadi ide baru, yaitu suatu ide yang belum pernah dipublikasi atau diungkapkan oleh orang lain sebelumnya.

Memiliki pengembangan kedepan secara terencana, suatu ide dapat dikategorikan sebagai suatu inovasi bila dilakukan dengan sengaja dan terencana dalam pengembangannya. Contohnya seperti Gojek salah satu inovasi dalam dunia digital dengan memanfaatkan ojek.

Memiliki tujuan, masih berhubungan dengan poin sebelumnya, inovasi merupakan ide yang dieksekusi secara sengaja dan terencana dengan tujuan tertentu.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian