(Last Updated On: April 26, 2019)

pengertian manajemen keuangan – Cukup banyak pandangan para ahli mengenai pengertian manajemen keuangan. Tidak dapat dipungkiri dalam berbagai aspek kehidupan memanajemen keuangan sangatlah penting. Hal ini dilakukan agar setiap penggunaan uang bisa diatur lebih baik dan tidak berlebihan.

Dengan mengatur keuangan baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam pekerjaan maka uang yang dikeluarkan bisa lebih hemat karena telah diatur sebelum digunakan. Namun sebenarnya apakah pengertian manajemen keuangan itu. Dan apa sih fungsi dari pada manajemen keuangan itu. Simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan

pengertian manajemen keuangan

Sebelum melakukan manajemen keuangan, sebenarnya apa sih pengertian manajemen keuangan? Tak sedikit orang yang belum mengetahui apa itu pengertian dari manajemen keuangan. Bahkan banyak juga yang menyepelekan manajemen keuangan, sehingga menimbulkan penyesalan sesudahnya. Manajemen keuangan sendiri sebenarnya memiliki banyak pengertian.

Ada cukup banyak para ahli yang memiliki sudut pandang berbeda mengenai pengertian manajemen keuangan. Manajemen keuangan pada sebuah perusahaan adalah suatu kegiatan yang erat kaitannya dengan hal-hal yang menyangkut tentang pengelolaan keuangan. Tidak hanya tata cara pengelolaan keuangan saja.

Tapi juga cara mendapatkan serta menggunakan uang dengan baik untuk mencapai tujuan tertentu dan pengalokasian dana yang efisien. Istilah manajemen keuangan biasanya memang lebih dikenal dalam sebuah perusahaan ataupun bisnis.

Pengertian Manajemen Keuangan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tidak hanya didalam sebuah bisnis atau perusahaan saja yang memiliki manajemen keuangan. Dalam kehidupan sehari-hari pun harus mengatur atau memanajemen keuangan dengan sangat baik. Arti dari manajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari pun tidak jauh beda dengan manajemen keuangan di perusahaan atau dalam berbisnis.

Sama hal nya dengan manajemen keuangan perusahaan, manajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari yaitu mengatur dan mengontrol pengeluaran keuangan setiap harinya.  Melakukan perencanaan, pengelolaan, dan bahkan mengatur perolehan dana nya. Jika dalam kehidupan sehari-hari tidak melakukan kontrol keuangan dapat dipastikan keuangan di rumah akan bermasalah.

Selain itu manajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari bisa mengajarkan hidup hemat dan jadi lebih rajin menabung. Sebab jika keuangan sudah terkontrol maka kehidupan sehari-hari akan terasa lebih teratur.

Fungsi Manajemen Keuangan

pengertian manajemen keuangan

Setelah mengetahui pengertian manajemen keuangan pastilah akan berpikir untuk melakukan manajemen dari sekarang. Sebab manajemen keuangan memiliki dampak yang cukup besar dan pengaruh positif dalam kehidupan. Manajemen keuangan memiliki fungsi yang sangat penting, di antaranya:

1. Perencanaan Keuangan

Fungsi dari manajemen keuangan yang pertama yaitu perencanaan keuangan. Dengan menyusun dan mengatur perencanaan keuangan maka dana yang dimiliki akan digunakan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Dalam sebuah perusahaan hal ini sangat penting dilakukan agar tidak terjadi kerugian.

2. Mengontrol Pengeluaran Dana

Sesuai dengan arti dari manajemen keuangan, fungsi dari memanajemen keuangan adalah mengontrol pengeluaran dana. Setiap dana yang akan dikeluarkan dalam transaksi apapun akan terkontrol dengan baik apabila di manajemen dengan baik.

3. Penyimpanan Uang

Fungsi dari manajemen keuangan yang selanjutnya adalah penyimpanan uang dengan baik. Dengan melakukan manajemen keuangan dapat dipastikan uang akan tersimpan dengan sangat baik. Karena setelah dana di manajemen dengan baik maka dana atau uang akan disimpan pada sebuah bank.

Apabila uang sudah tersimpan di bank maka tidak akan sembarangan untuk mengutak-atik uang yang telah disimpan. Uang yang telah disimpan di bank juga akan lebih aman sehingga tidak perlu khawatir akan hilang ataupun mudah terpakai. Sebab uang yang jauh dari jangkauan tidak akan mudah digunakan dan akan berpikir ulang untuk menggunakannya.

4. Pemeriksaan Keuangan

Dengan melakukan manajemen keuangan maka akan lebih mudah melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan dana atau pengeluaran yang dilakukan. Dengan begitu maka akan dengan mudah mengetahui pengeluaran yang telah dilakukan.

Apalagi pada sebuah perusahaan melakukan pemeriksaan keuangan sangatlah penting. Agar tidak terjadi penyimpangan yang mungkin dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Itulah pengertian manajemen keuangan, baik pengertian manajemen keuangan pada perusahaan maupun manajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah memahami hal-hal mengenai manajemen keuangan dan juga fungsi nya, pasti akan berpikir untuk melakukan pengelolaan uang dengan cara memanajemen keuangan.

Agar uang yang dimiliki tidak mudah habis dan terbuang begitu saja. Apalagi untuk sebuah perusahaan melakukan manajemen keuangan sangatlah penting agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian