Pengertian Startup Digital Dan Karakteristiknya

(Last Updated On: November 27, 2018)

pengertian startup digital – Di era digital, semua sudah ada dalam genggaman. Perkembangan teknologi digital yang cepat membuat semua orang dapat mengakses internet dengan mudah khususnya di Indonesia.  Bisnis dilakukan dengan mudah, memanfaatkan teknologi digital untuk mempelajari dasar digital.  Seringkali bisnis dikaitkan dengan istilah startup dalam dunia bisnis. Lalu apa pengertian startup digital? Berikut akan diulas secara rinci pengertian startup digital dan karakteristiknya.

pengertian startup digital

pengertian startup digital

Definisi Startup Digital | pengertian startup digital

Istilah startup dalam serapan Bahasa Inggris proses atau tindakan dalam memulai usaha atau organisasi baru. Jadi pengertian startup digital adalah perusahaan baru yang beroperasi dengan menggunakan sistem digital.  Intinya adalah startup digital merupakan perusahaan yang baru dikembangkan dengan metode teknologi digital. Perusahaan masih dalam proses menemukan pangsa pasar yang tepat.

Definisi startup menurut Paul Graham adalah perusahaan yang didesain untuk bergerak dengan cepat. Startup juga bisa bergerak tanpa mengguakan teknologi. Jadi startup mengikuti jenis perkembangan perusahaan tersebut.

Karakteristik Startup Digital

Sebenarnya, startup harus lebih condong untuk perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan juga website. Jadi bukan hanya untuk memberikan jasa pembuatan teknologi semata. Perusahaan yang masih tahap startup juga memiliki karaktersitik tersendiri. Untuk lebih mengenal dan memahami bagaimana itu startup, berikut terdapat karakteristik startup.

a. Jangka Waktu Operasi Perusahaan Baru Memulai 3 Tahun

Untuk memulai membangun suatu perusahaan memang perlu mempersiapkan segala sesuatunya harus dirancang dengan keputusan yang tepat. Kemudian saat startup sudah memulai kegiatan operasinya, perusahaan perlu beradaptasi dengan semua faktor yang dapat mempengaruhinya. Dari faktor produksi hingga teknologi yang diterapkan dan juga pelanggan.

Perusahaan yang disebut startup berarti perusahaan baru didirikan. Biasanya kinerja perusahaan startup belum terlalu maksimal. Tetapi tidak menutup kemungkinan saat membangun startup, respon pelanggan yang didapatkan melebihi perkiraan. Startup dapat diibaratkan seperti bayi yang sedang mengalami pertumbuhan.

b. Pegawai Perusahaan Terdiri Kurang Dari 20 Orang

Untuk menggerakkan perusahaan pastinya memerlukan yang namanya sumber daya manusia. Di suatu perusahaan pasti terdapat sumber daya manusia paling sedikit 1 orang. Perusahaan yang baru bergerak pasti belum memiliki banyak sumber daya manusia. Paling tidak, startup memiliki pegawai yang terdiri dari kurang 20 orang.

Namun bukan berarti startup tidak sukses ataupun tidak berkembang. Dengan pegawai yang sedikit, pemilik dapat lebih leluasa mengontrol untuk setiap kegiatan dari aktivitas operasi. Sehingga startup dapat beroperasi secara efektif dan mengurangi pemborosan dana.

Pegawai yang jumlahnya sedikit akan membantu perusahaan dalam meminimalisir kesalahan dan kegagalan yang akan terjadi. Walaupun perusahaan belum begitu besar, pegawai dapat memberikan dan menyalurkan ide yang didapatkan secara langsung tanpa memerlukan perantara. Bisnis yang dijalankan juga akan lebih mudah berkembang dengan bantuan pegawai-pegawai yang telah memahami seluk-beluk perusahaan yang dikelola.

c. Pendapatan Masih Di Bawah $ 100.000/Tahun

Startup dapat dikatakan perusahaan yang masih mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Pendapatan yang diterima dari aktivitas operasi pun belum tentu stabil. Jumlah pendapatan perusahaan startup dapat diperkirakan kurang dari $ 100.000 atau setara dengan Rp. 1,5 Milyar untuk per tahun. Perusahaan mendapatkan dana bisa menggunakan cara pinjaman di bank ataupun dengan suntikan investor.

Walaupun dengan pendapatan yang didapatkan belum maksimal, startup tetap masih dapat dijalankan. Maka dari itu perlu perencanaan pengembangan dan strategi yang matang agar perusahaan dapat merambah pasar yang lebih luas. Jika perusahaan memiliki pendapatan yang lebih dari itu, maka perusahaan bukan lagi termasuk kategori startup.

d. Perusahaan Beroperasi Dibantu Dengan Teknologi

Sekarang, teknologi sudah dapat mudah diakses dan didapatkan oleh siapa saja. Tak sedikit perusahaan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan perusahaannya. Baik itu perusahaan lama atau startup, semua dapat memilih teknologi mana yang cocok dengan perusahaan.

Tetapi sekarang ini startup sudah identik dengan teknologi. Karena dengan bantuan dari teknologi, bisnis yang berjalan lebih mudah dikembangkan dan memasuki pasar. teknologi juga akan memudahkan merambah pasar yang lebih luas dengan bisnis yang dijalankan

Sudah dapat pencerahan mengenai pengertian startup digital dan karakteristiknya? Mulailah bisnis startup impian dan jangan lupa untuk melakukan riset dan perencanaan bisnis yang matang agar terhindar dari kegagalan.

Leave a Reply