(Last Updated On: April 30, 2019)

YouTube itu apa – Jadi banyak pertanyaan dari teman-teman saya tentang youtube. YouTube itu apa? YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. 

Di youtube Anda dapat mengunggah video secara kreatif dan dapat berinovasi di platform youtube ini. Banyak dari masyarakat yang sudah terbuka dengan platform youtube ini, dan mereka sudah mulai menjadikan youtube sebagai sumber mata pencaharian.

Kok bisa? Bagaimana caranya?

Jika viewers Anda banyak, Anda dapat memasang google Adsense yaitu iklan yang nantinya akan menghasilkan uang jika di klik oleh pengunjung video Anda.

Emang dapet berapa?

Anda akan mendapat sekitar $0,001 per klik dari iklan tersebut. dengan cara mendaftarkan terlebih dahulu youtube account Anda ke Google Adsense.

Selain google adsense Anda juga bisa mendapatkan uang dari endors atau mengiklankan sebuah product dengan bayaran yang di sepakati.

tapi sekali lagi ingat, Anda membutuhkan pengunjung yang banyak!

Kok bisa menjanjikan?

Jika Anda memiliki konten yang berkualitas, maka video Anda akan banyak di kunjungi. Anda juga dapat membuat Vlog atau video Blog tentang keseharian Anda dan lain-lain.

Anda juga dapat berkreasi apa saja dengan video di youtube tetapi tidak dengan konten yang melanggar aturan di youtube.

YouTube itu apa, dan bagaimana sejarahnya ?

Bagaimana Sejarah berdirinya YouTube dari awal tahun 2005 sampai sekarang menjadi salah satu website search engine ke 2 di dunia ?

Youtube itu apa

Sejarah berdirinya Youtube

Youtube awalnya didirikan pada bulan februari 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim.

Sebelum di beli oleh Google, YouTube memiliki kantor pusat yang terletak di lantai atas sebuah restoran Pizza dan Restoran jepang di San Mateo, California. Pada waktu itu Google belum melirik Youtube sebagai website yang potensial.

Youtube meluncurkan Beta test pada bulan Mei 2005, 6 bulan sebelum official launching yang dilaksanakan pada bulan November 2005

Video awal yang pertama kali di Upload di Youtube berjudul “Me at The Zoo”, menampilkan Jawed Karim di kebun binatang San Diego. Hingga saat ini video tersebut masih dapat disaksikan di youtube.

Pada bulan juli 2006 atau 8 bulan setelah diresmikan, tercatat 65.000 video baru di upload ke situs Youtube setiap harinya, dengan 100 juta views per hari.

Perkembangan Youtube

Pemilihan nama YouTube mengakibatkan masalah bagi sebuah situs bernama mirip, http://www.utube.com. Pemilik situs, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan gugatan terhadap YouTube pada November 2006 setelah mengalami kelebihan beban secara teratur yang diakibatkan oleh orang yang mencari situs YouTube

Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. membeli Youtube senilai 1,65 miliar US $

Pada tahun 2007 Youtube telah mengkonsumsi Bandwidth menyamai besarnya Bandwidth keseluruhan internet di dunia pada tahun 2000

Pada bulan juni 2008 majalah Forbes memberitakan bahwa pendapatan Youtube selama tahun 2008 diperkirakan mencapai 200 juta US $

Pada tahun 2008 Youtube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody Award dan karena telah menjadi “Speakers Corners” dan ikut berjasa dalam pengembangan demokrasi dan kebebasan berpendapat

Saat ini Youtube menjadi situs online Video provider paling dominan di Amerika serikat, bahkan mungkin dunia, dengan menguasai 43 persen pasar. Diperkirakan 20 Jam durasi video di upload ke Youtube setiap menitnya dengan 6 miliar views per hari. Dan bahkan terus berkembang hingga sekarang !

Beberapa Hal Yang Perlu Anda ketahui Tentang Channel Youtube

Youtube itu apa

1. Anda hanya memerlukan Gmail untuk membuka akun YouTube

2. Untuk membuat channel YouTube anda tidak perlu membayar

3. Anda bisa langsung upload video anda ke channel setelah anda membuatnya !

4. Tidak boleh membuat konten negatif, yang mengandung SARA, Pornografi dan lainnya.

5. Satu akun youtube atau satu gmail bisa membuat sampai 500 channel

6. Subscribe adalah cara untuk berlangganan di channel kita, agar dia terus menonton video kita !

7. Membuat konten yang rajin dan rutin agar semakin baik channelnya

8. Makin banyak video berkualitas yang anda buat, maka akan semakin banyak mendatangkan viewers dan subscribers !

9. Anda bisa membangun branding di YouTube

Manfaat Youtube Selain Untuk Hiburan

Youtube itu apa

Orang selama ini hanya tau YouTube sebagai tempat untuk melihat hiburan. Tetapi tidak hanya hiburan saja melainkan kita juga dapat melakukan aktifitas yang bisa menghasilkan uang dari platform YouTube ini salah satunya dengan cara mengaktifkan adsense.

1. Mencari Penghasilan Melalui Google AdSense

Jika video-video yang kita unggah melalui akun pribadi memiliki cukup banyak penonton, daftarkan saja akun youtube ke Google AdSense yang akan membayar Anda setiap kali ada orang yang mengklik iklan sebelum video ditayangkan (terkadang di tengah-tengah video).

Walau begitu, ada syarat tertentu agar video bisa dimonetisasi, yaitu sebuah akun harus memiliki video yang sudah tayang sebanyak minimal 10.000 views. Angka yang tidak besar jika video yang Anda miliki cukup kreatif dan menghibur.

Perlu Anda ketahui lagi bahwa untuk membangun youtube yang banyak dikunjungi orang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang cukup banyak.

apalagi di jaman sekarang. Anda harus membuat video yang viral atau unik dan menarik agar dapat dilihat orang-orang. selain itu juga Anda harus mempelajri algoritma youtube jika ingin cepat untuk dilihat orang.

Jadi jangan dipikir mudah ya, maklum jika youtuber yang udh terkenal rata” memulainya beberapa tahun yang lalu.

2. Mempromosikan Perusahaan/Profil Individu

Di era informasi ini, kurang afdol rasanya jika sebuah perusahaan tidak memiliki video profilnya sendiri. Seseorang juga dituntut untuk lebih kreatif mempromosikan dirinya melalui video CV. Youtube dapat menjadi wadah yang menampung profil berbagai macam perusahaan dan individu agar memiliki citra baik bagi siapa saja yang menontonnya sekaligus hal ini untuk keperluan internet marketing.

3. Menonton Tayangan Berita yang Terlewat

Hampir semua satasiun televisi kini juga membuat akun official tersendiri untuk mendokumentasikan berbagai acara yang telah ditayangkan, termasuk berita. Jadi tidak ada lagi istilah ketinggalan berita, karena semua yang tertinggal bisa dikejar melalui video-video yang ada dalam Youtube.

Itulah penjelasan mengenai pengertian youtube beserta manfaat dan fitur-fiturnya. Youtube memang membawa perubahan besar di masa kini. Dengan berbagai fitur yang semakin lengkap, pengguna Youtube semakin dimanjakan untuk mengenal dunia melalui video yang diunggah oleh sesama pengguna.

Walaupun begitu, setiap pengguna Youtube harus tetap memperhatikan waktu ketika mengakses situs yang satu ini, karena jika terlalu asyik, terkadang waktu seakan sangat cepat berjalan dan dapat melalaikan pekerjaan yang seharusnya dilakukan.

Sekian artikel saya tentang YouTube itu apa, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan dapat memacu semangat Anda untuk menjadi youtubers. Selamat mencoba!

 

 

 

 


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian