(Last Updated On: November 10, 2018)

Dunia bisnis semakin berkembang seiring berjalannya waktu, mulai dari bisnis rumahan sampai bisnis yang mengembangkan cabangnya di berbagai kota. Tapi tentu saja berkembang atau tidaknya usaha yang dijalankan itu tergantung bagaimana menjalankan bisnis yang akan digeluti. Nah, sebelum memulai berwirausaha perhatikan 6 penyebab kegagalan wirausaha bagi yang ingin merintis bisnis, agar bisa meminimalisir kegagalan dalam berwirausha.

1. Kurangnya Pematangan Rencana

Rencana yang matang adalah sebuah kewajiban sebelum menjalankan sebuah usaha agar segalanya berjalan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Tidak menutup kemungkinan banyak para calon wirausaha yang ingin memulai bisnis tapi gagal di awal karena kurang matangnya rencana usaha yang akan dijalankan.

Tapi tidak hanya kematangan rencana saja yang terus dipikirkan, merealisasikan rencana itu jauh lebih penting. Karena apabila hanya berencana tanpa melakukan apa-apa, maka bisnis yang diharapkan berkembang hanya akan menjadi angan-angan.

Jadi jangan terlalu sibuk memikirkan rencana tapa ada usaha nyatanya. Memiliki rencana B juga perlu, karena apabila rencana A tidak sesuai dan tidak berjalan sebagaimana mestinya, masih ada rencana lain yang dapat dijalankan.

2. Tidak Memahami Usaha Yang Akan Dijalankan

Sebaiknya, sebelum memulai usaha harus mengetahui hal-hal tentang usaha yang akan dijalankan. Akan lebih baik jika usaha tersebut sesuai dengan minat dan skill yang dimiliki. Tidak harus ahli dalam bidang usaha yang akan dikerjakan, yang penting tekun dan mau belajar agar lebih mengetahui apa sebenarnya yang jadi kebutuhan masyarakat.

Memahami usaha yang akan dijalankan sangat penting, agar tidak ada rasa bosan kedepannya saat menjalankan bisnis tersebut. Karena tidak selamanya bisnis atau usaha yang akan dijalankan mengalami kemajuan yang pesat, semua butuh proses.

Jadi kalau ditengah-tengah merintis usaha ada rasa bosan, dapat dipastikan akan malas untuk menjalankan bisnis itu dan lambat laun akan mengalami kegagalan. Tidak memahami usaha yang akan dijalankan menjadi penyebab kegagalan wirausaha yang jarang di perhatikan.

3. Kurang Strategi Dalam Pemasaran

Penyebab kegagalan wirausaha yang sering terjadi karena kurang strategi dalam pemasaran. Sebelum menjalankan sebuah bisnis atau usaha, terlebih dahulu harus memasarkan produk/jasa yang dimiliki. Pemasaran yang baik dan dikemas dengan apik akan mendatangkan banyak pelanggan sehingga usaha yang dijalankan sedikit demi sedikit akan tetap berjalan, bahkan berkembang pesat.

Pemasaran bisa dilakukan secara langsung maupun melalui media sosial. Agar menarik para pembeli. Apabila strategi dalam pemasarannya kurang, kemungkinan usaha yang akan dijalankan bisa saja mengalami kerugian hingga kegagalan.

4. Pemilihan Lokasi Yang Kurang Tepat

Letak lokasi yang kurang strategis mempengaruhi jumlah pelanggan yang datang. Bayangkan jika seharusnya berjualan di tempat yang menjadi akses orang-orang lewat seperti pinggir jalan raya, pastilah banyak yang melirik dan tertarik untuk mampir walaupun hanya sekedar melihat.

Tapi jika berjualan ditempat yang kurang terlihat, apakah ada orang yang akan melihat? Jangankan melihat, orang yang mampir pun pasti tidak ada. Untuk itu carilah tempat yang strategis sesuai mangsa pasar yang bisa membantu meminimalisir kegagalan dalam merintis usaha.

5. Tidak Mampu Mengelola Keuangan

Dalam menjalankan sebuah usaha pengelolaan keuangan sangatlah penting, karena ini adalah dasar dalam pengelolaan modal, laba, dan mengelola dana simpanan. Jangan sekali-kali mencampur adukkan keuangan pribadi dengan keuangan wirausaha, walaupun itu usaha milik sendiri. Tetap harus dipisahkan, agar tidak digunakan untuk keperluan pribadi.

Jika ingin usaha yang akan dijalani berkembang dan mengalami kemajuan, pengelolaan keuangan harus dipelajari para calon wirausaha. Mungkin awal-awal bisa membuat pembukuan secara manual agar besaran modal dan laba dapat diketahui secara rinci. Sehingga tidak akan menghambat usaha yang akan dijalankan.

6. Tidak Memiliki Target

Target adalah sesuatu hal yang harus dimiliki dalam kegiatan termasuk usaha yang akan dijalankan. Membuat target dalam usaha itu penting, agar dalam menjalani usaha tidak monoton dan juga tidak memiliki arah tujuan.

Membuat target usaha juga bisa dijadikan sebagai batu loncatan dalam menjalankan usaha. Karena akan terus memikirkan bagaimana caranya untuk mencapai target tersebut, agar usaha yang akan dijalankan maju dan berkembang pesat. Jika sudah memiliki target, dapat dipastikan usaha itu akan tetap bertahan.

Itulah 6 penyebab kegagalan wirausaha bagi yang ingin merintis bisnis, bagi para calon pengusaha yang ingin memulai bisnis usahakan untuk menghindari hal-hal diatas agar usaha yang akan dijalankan tidak mengalami kegagalan.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian