5 Perkerjaan Sampingan Di Indonesia Yang Bisa Anda Coba!

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia – Bagi Anda mahasiswa udah pasti ingin mendapatkan perkerjaan sampingan atau bahkan mendapatkan uang tambahan untuk menambah kocek akhir bulan. Karena itu banyak sekali mahasiswa indonesia yang sedang mencari perkerjaan sampingan di Indonesia.

Karena itu di artikkel kali ini imersmuda akan sedikit sharing membagikan kepada kalian mengenai perkerjaan sampingan apa yang dapat memberikan anda penghasilan tambahan dan mungkin di artikel kali ini anda dapat memahami sedikit gambaran dari perkerjaan sampingan tersebut.

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia Yang Mudah Di Dapat

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia

1. Freelancer atau penulis lepas

Menjadi penulis paruh waktu yang bisa menulis artikel, opini ataupun cerpen dari kos atau rumah sangatlah bermanfaat. Jangan sia-siakan jika mempunyai bakat menulis yang cukup mumpuni. Menjadi seorang penulis lepas tidaklah menyita banyak waktu kuliah maupun belajar, justru mendorong prestasi akademik.

Kalau memang memiliki kemampuan menulis serta menyusun kata-kata dengan baik, cobalah menjadi seorang penulis.  Menulis mempunyai banyak manfaat bagi yang benar-benar tekun menjalaninya. Bermanfaat bagi si penulis maupun si pembacanya, baik untuk saat ini ataupun untuk masa yang akan datang.

Saat ini, banyak sekali info yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk penulisan artikel yang disesuaikan dengan kemauan pasar. Beberapa website online, terdapat loker untuk menulis freelance. Mencoba dan berusaha untuk menjadi penulis freelance, bukan menjadi hal yang perlu ditakutkan dan juga dikhawatirkan.

Membuka lapak di forum-forum jual beli online dengan menjual jasa untuk menulis juga bisa dilakukan. Seperti pepatah bilang, “dimana ada usaha, disitulah ada jalan”. Optimis menjadi modal awal, jangan lupa untuk berusaha dan akhirnya jangan lupa untuk menyerahkan semuanya pada yang ditas.

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia

2. Menjadi guru les privat

Menjadi guru privat tidak hanya mendapat kepuasan karena memperoleh penghasilan, tapi juga puas karena bisa memanfaatkan ilmu. Profesi ini tidak membutuhkan modal apapun. Asalkan mampu menguasai betul materi yang akan dipelajari nantinya bersama anak-anak didik yang ada.

Kerjaan sampingan ini menuntut anda memiliki pengetahuan yang luas dan jiwa mengajar aatu mendidik agar tidak dipermalukan oleh anak yang kita beri les, karena mereka membutuhkan mentor yang baik untuk menghadapi pelajaran serta ulangan kenaikan kelas.

Selain itu, menjadi guru privat (les) merupakan kerja sampingan yang banyak digeluti oleh para mahasiswa. Ada dua jenis guru les yaitu guru les lembaga bimbingan belajar dan guru les privat. Pembeda dari keduanya hanyalah terletak pada jumlah murid dan kedekatan guru dengan murid. Kebanyakan mahasiswa yang bergabung di ranah ini dari jurusan pendidikan.

Seperti salah satu contoh guru les saya privat dulu adalah seorang pelajar kuliah dan dia menjadi guru les pelajaran untuk membantu anak sd dalam belajar sekalius menghadapi un.

Motivasi yang dijadikan dalam pekerjaan ini adalah untuk berbagi ilmu, agar senantiasa di jalan yang istiqomah. Kemampuan di bidang MIPA bisa dijadikan untuk mengajar anak SMA yang membutuhkan jasa pengajar. Kemampuan berbahasa asing juga sangatlah berguna di tempat kursus bahasa asing maupun menjadi guru les privat bagi anak-anak sekolah.

Menjadi guru les haruslah mempunyai keuletan dan kesabaran yang ekstra. Ketika mampu berbagi ilmu dengan anak-anak didik, pastilah akan merasakan kepuasan yang tak ternilai harganya.

Manfaat guru les lain yaitu untuk melatih diri di dunia pendidikan terutama dalam menghadapi beragam jenis murid. Demikian, menjadikan mahasiswa terutama yang dari jurusan pendidikan, menjadi lebih terlatih dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia

3. Menjadi fotografer

Foto bagus yang menjadi kebutuhan mendesak, menciptakan peluang besar bagi yang mempunyai skill fotografer. Peluang untuk menjadi fotografer yang sekaligus mampu menjual stok fotonya. Memiliki hobi fotografi juga mengantarkan pada sebuah pekerjaan.

Sering hunting foto, bisa menjual hasil fotonya di kalangan media serta pihak yang membutuhkannya. Semua itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Adapun kendala dari profesi ini yakni, mahalnya harga sebuah kamera dan juga melihat kemampuan fotografer yang tidak mudah.

Semakin banyaknya orang yang membutuhkan jasa fotografer, semakin mendesak pula kebutuhan foto saat ini. Barang untuk mendapatkan foto wisuda yang bagus, saat ini orang-orang rela merogoh rupiah yang tidak sedikit. Menawarkan jasa foto pada kondisi seperti ini adalah  sebuah peluang besar bagi usaha seorang mahasiswa.

Anda bisa mengambil foto freelance seperti saya untuk memfoto acara ulang tahun sweet seventeen atau foto model atau untuk wisuda.

Penghasilan nominal dari sebuah pemotretan terbilang tinggi bagi seukuran mahasiswa. Usahakan pula selain menawarkan foto wisuda juga menawarkan foto pre wedding pada orang-orang yang berminat. Bekerja sebagai fotografer, lagi pula juga dapat untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang fotogarafi.

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia

4. Membuat bisnis online

Peluang usaha membuka bisnis juga bisa dilakukan lewat media online, yang pada umumnya dinamakan bisnis online. Bisnis online  merupakan usaha yang menjanjikan juga, karena dengan modal kecil mampu memperoleh laba yang cukup memuaskan. Mahasiswa dengan segala pertimbangannya banyak yang menempuh cara yang satu ini.

Motivasi lain yang sering digunakan yaitu, karena bisnis di internet tidak mengeluarkan modal selain waktu dan tenaga. Ketahui pula, banyak sekali jenis usaha terbaru di internet yang menawarkan keuntungan bagi anggota yang bergabung. Pekerjaan online ini juga tidak terikat oleh suatu tempat, sehingga bisa dikerjakan dari rumah atau kos.

Teman saya sempat membuka bisnis online dan hasilnya lumayan bisa untuk menutupi kehidupan sehari-hari.

Dampak bagi mahasiswa terhadap kewajiban kuliahnya juga tidak terlalu besar, selama mampu memposisikan diri. Justru malah mendapat pengalaman di dunia perbisnisan online yang tidak diajarkan di dalam bangku perkuliahan.

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia

Perkerjaan Sampingan Di Indonesia

5. Kerja Sampingan Mahasiswa sebagai Jasa Servis

Semakin banyaknya jenis-jenis barang elektronik, dan mayoritas orang pasti memilikinya. Baik hp, laptop, radio, televisi dan lain-lain nantinya juga akan membutuhkan layanan perbaikan. Hal inilah yang menjadi peluang bagi mereka yang mampu di bidang elektronik, sedang penggunanya sendiri tidak mengerti cara memperbaikinya.

Instalasi perangkat lunak merupakan salah satu kebutuhan bagi orang awam di ranah perawatan komputer. Usaha ini merupakan suatu hal yang menguntungkan karena tidak membutuhkan banyak peralatan tapi keahlian dalam setting elektronik.

Servis ponsel juga salah satu usaha yang dibutuhkan banyak orang. Keterampilan jika dimanfaatkan menjadi ladang usaha terutama bagi para mahasiswa yang mencari kerja sampingan. Kebutuhan teknisi canggih saat ini semakin tinggi, terutama di kalangan para anak muda saat ini.

Jasa seperti ini tak cukup jika hanya ditawarkan lewat mulut saja, tapi secara online juga perlu dilakukan. Saat ini yang menjadi catatan penting yaitu sebisa mungkin memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada di sekitar.

Leave a Reply