8 Perusahaan E-Commerce Di Indonesia Yang Merajai Pasar

(Last Updated On: November 8, 2018)

Seiring perkembangan teknologi di era modern ini, bisnis mudah dibangun oleh siapa saja dan dimana saja. Bisnis dengan bantuan teknologi dan internet salah satunya adalah e-commerce. Ε-commerce merupakan transaksi bisnis berupa penjualan dan pembelian dengan bantuan internet. Perkembangan teknologi tersebut sangat mendukung pertumbuhan perusahaan e-commerce di Indonesia. Berikut akan dibahas beberapa perusahaan e-commerce yang berkembang di Indonesia.

1. Shopee

Shopee merupakan perusahaan e-commerce di Indonesia berupa marketplace yang tak asing di telinga masyarakat. Berkat iklan  dan promosi, shopee menduduki 5 besar perusahaan e-commerce dengan pengunjung terbanyak berdasarkan google trends.

Shopee mampu merajai aplikasi mobile Android dan iOS. Hal ini dikarenakan shopee meluncurkan program-program menarik di mata calon pelanggan.

2. Blibli

Blibli merupakan perusahaan e-commerce di indonesia yang memberikan kemudahan berbelanja dengan menyediakan fitur belanja menggunakan konsep ala mall. Konsep ini diberikan oleh Blibli agar kebiasaan masyarakat Indonesia untuk berbelanja di mall dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Hal yang cukup menarik adalah Blibli merupakan anak perusahaan Djarum berbasis digital. Tak heran, Blibli mampu bekerja sama dengan banking partner, merchant partner dan teknologi provider kelas dunia.

3. Bhinneka

Bhinneka adalah toko online dan pelopor e-commerce. Hingga saat ini terus berkembang dan menjadi salah satu situs terbesar. Situs ini sendiri sudah launching sebelum abad 21. Walaupun telah berdiri dari tahun 1990-an, bhinneka dapat bertahan dan terus berkembang hingga saat ini.

Pendiri bhinneka, Hendrik Tio menuliskan profil web-nya, “pelayanan antusias dari hati membangun kepercayaan dan gempuran  persaingan di kemudian hari”.

4. Tokopedia

Tokopedia dibangun dalam bentuk mall online di Indonesia. Produk layanan yang diberikan oleh tokopedia dapat digunakan oleh seluruh masyarakat secara gratis. Tokopedia mampu mendukung para pemilik bisnis individu maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pemasaran produk secara online.

Tokopedia di Indonesia mampu menyesuaikan diri sehingga perkembangan yang dicapai sangat sukses. Sejarah yang dicapai tokopedia antara lain menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima investasi sebesar USD 100 juta. Dana tersebut mereka dapatkan dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc.

Baru-baru ini, Tokopedia agresif meluncurkan fitur booking tiket kereta dan fitur zakat online sebagai layanan untuk masyarakat muslim. Kerjasama dengan Unilever juga membantu perkembangan Tokopedia dalam meluncurkan produknya.

5. Zalora

Zalora terdiri dalam bentuk situs web belanja online yang memberikan fitur kesediaan kebutuhan jenis pakaian. Ragam pakaian yang tersedia bermacam-macam merek dari lokal hingga internasional.

Selain itu, Zalora memberikan fitur garansi pengembalian barang sehingga pelanggan dapat berbelanja dengan nyaman. Pendiri Zalora adalah Catherine Sutjahyo. Zalora menjadi salah satu situs belanja online yang merajai pasar Asia Tenggara.

6. Bukalapak

Bukalapak adalah marketplace yang didirikan oleh PT Bukalapak. Marktplace ini menyediakan sarana layanan konsumen ke konsumen atau dikenal dengan istilah C2C (consumer to consumer). Pelanggan dapat memilih produsen yang ada di seluruh Indonesia untuk membeli produk dalam jumlah satuan hingga grosir. Selain itu pelanggan dapat memilih keadaan produk bekas atau baru.

Fitur terbaru BukaLapak adalah Buka Emas, yaitu penjualan emas secara online, mampu membawa BukaLapak ke posisi marketplace terbesar. Pengumuman pendapatan dana BukaLapak dan memproklamirkan diri sebagai unicorn startup juga mempengaruhi kesuksesannya.

7. Lazada

Lazada dikenal sebagai perusahaan e-commerce di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis produk. Produk yang disediakan antara lain alat kesehatan, produk kecantikan, perlengkapan traveling dan kebutuhan rumah tangga.

Lazada merupakan bisnis yang sudah meluas di Asia Tenggara dan berdiri di Indonesia pada tahun 2012. Faktor kesuksesan Lazada sendiri antara lain mampu melakukan banyak sekali promosi online.

8. OLX

Awalnya, OLX berupa salah satu situs web iklan baris yang berfokus pada penjualan dan pembelian produk secara online. Fitur pelayanan yang disediakan oleh OLX dapat diakses secara gratis oleh produsen dan pelanggan. Produk yang tersedia juga terdiri dari bermacam-macam kriteria diantaranya produk baru hingga bekas.

Pengaruh e-commerce sangat membawa dampak bagi pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Ulasan ini diharapkan dapat menjadi pendorong untuk start-up bisnis yang mendorong kesuksesan di masa depan.

Leave a Reply