(Last Updated On: Oktober 15, 2019)

Situs Freelancer Indonesia – Mencari perkerjaan di era yang semakin modern ini memang tidak semudah jaman dahulu. Memang dengan adanya teknologi kita jadi bisa tau banyak perkerjaan apa yang cocok dengan kita, misal kita bisa melamar sampai perusahaan manca negara. Berbeda dengan jaman dulu kita tidak bisa mendaftar di perusahaan manca negara jika tidak ada kenalan atau akses kesana.

Karena itu persaingan di era digital ini sangatlah sengit, dan banyak orang atau anak muda kadang lebih memilih untuk mencari alternatif perkerjaan lain. Nah salah satunya adalah menjadi freelancer. Mengapa freelancer?

Memang perkerjaan ini sudah ada dari dulu, tetapi perkerjaan ini mulai booming lagi di era digital ini. Karena memang persaingan dan juga pola kerja juga sudah mulai bergeser ke arah yang lebih modern.

Dan buat kamu anak muda yang ingin menambah penghasilan atau mulai mencari karir di perkerjaan, maka kamu bisa coba menjadi freelancer.

Sudah kepingin jadi freelancer ? Nah kamu beruntung karena sekarang ini banyak sekali website yang menyediakan atau menjembatani jasa freelancer untuk kalian. Beberapa website dibawah ini juga sudah kredible dan pastinya kamu bisa mencari perkerjaan freelance yang cocok buat kamu.

Bagi Anda yang sedang mencari lowongan kerja freelance, artikel kali ini kami siapkan untuk Anda!

20 Situs Freelance Indonesia Terbaik dan Terpercaya

Bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan freelance di Indonesia, berikut ini adalah daftar website freelance yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari pekerjaan freelance. Bagi kamu yang suka mencari perkerjaan freelance, maka beberapa website ini sangat baik trackrecordnya.

Fiverr

Situs Freelancer Indonesia

Salah satu aplikasi yang paling populer saat ini untuk para freelancer dengan bayaran dollar. Fiverr juga bisa membantu anda para freelancer untuk bisa mencari beberapa proyek disini.

Sribulancer

Sribulancer adalah salah satu website freelance yang popular di Indonesia. Di Sribulancer, Anda bisa menemukan pekerjaan seperti yang berhubungan dengan jasa pembuatan website, graphic design, penulisan artikel, penerjemah, sampai dengan social media marketing. Anda tidak perlu khawatir karena Sribulancer bisa dibilang lebih lokal dari website freelance lainnya. Mereka menerima pembayaran melalui transfer bank. Tentunya ini menjadi nilai plus karena kebanyakan orang Indonesia tidak memiliki kartu kredit.

situs freelance indonesia sribulancer dewaweb

Website ini tersedia dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa menerima pembayaran dalam mata uang USD atau IDR. Sribulancer memiliki reputasi yang baik dan terpercaya sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya. Jika Anda mau bergabung, Anda hanya perlu mendaftarkan diri saja.

Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia adalah salah satu website freelance terbesar di Indonesia. Website ini memang merupakan versi Indonesia dari website Freelance yang merupakan sebuah startup dari Australia. Mereka meng-klaim bahwa mereka sudah terhubung dengan lebih dari 29,403,813 pencari jasa dan freelancer di lebih dari 247 negara, wilayah, dan teritori.

freelance indonesia freelancer dewaweb

Di Freelancer Indonesia, Anda bisa menemukan berbagai proyek mulai dari IT, design, marketing, jasa penerjemahan, sampai jurnalistik. Detail pekerjaannya pun dijelaskan dengan jelas di setiap entri proyek. Anda akan melihat nama, deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, deadline, berapa orang yang melamarnya, dan berapa upah untuk pekerjaan tersebut. Salah satu fitur unik yang mereka tawarkan adalah Anda bisa menawar atau melelang bayaran untuk mengerjakan proyek tersebut. Selain proyek, Freelancer juga menawarkan kontes dimana Anda perlu bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang nantinya akan dipilih oleh klien. Sebelum Anda bergabung dengan Freelancer Indonesia, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki kartu kredit atau akun PayPal karena mereka melakukan dan menerima pembayaran melalui kedua platform ini.

Projects.co.id

Projects juga merupakan salah satu website freelance terkenal di Indonesia. Di Projects, Anda bisa menemukan freelance untuk IT, social media, SEO, dan digital marketing lainnya. Tidak hanya pekerjaan, Anda juga bisa melakukan transaksi jual-beli proudk digital loh. Produk-produk yang tersedia adalah eBook, design kaos, template website, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur unik Projects adalah program Affiliate Referral. Kalau Anda mempromosikan project dengan URL yang disediakan, Projects bisa tahu siapa saja orang yang mendaftar ke Projects melalui URL tersebut. Kalau orang yang mendaftar sudah melakukan transaksi, Anda akan mendapatkan komisi berkisar antara 10 persen hingga 20 persen dari harga proyeknya.

Sribu

lowongan kerja freelance indonesia sribu dewaweb

Bagi Anda para graphic designer yang sedang mencari lowongan kerja freelance, website yang satu ini cocok untuk Anda. Sribu, anak perusahaan Sribulancer ini, adalah situs freelance yang fokus untuk graphic designer. Jenis design yang mereka tawarkan juga cukup beragam; mulai dari desain logo, website, aplikasi mobile, sampai dengan interior. Sribu memiliki sistem kontes dimana para graphic designer akan memasukkan karya mereka kepada pemilik proyek. Nantinya pemilik proyek akan memilih karya mana yang lebih dia suka.

99Design

kerja freelance indonesia 99design dewaweb

Masih untuk para graphic designer, 99Design adalah salah satu website freelance yang popular untuk graphic design. 99Design juga menggunakan sistem kontes, dimana Anda akan memasukkan hasil karya Anda ke proyek tertentu dan pemilik proyek baru akan memilih mana yang paling mereka sukai.

Gobann

Salah satu website freelance yang juga cukup terkenal di Indonesia adalah Gobann. Situs freelance yang satu ini memiliki sistem yang sedikit berbeda. Semua jasa yang ditawarkan di website ini memiliki harga yang sama rata yaitu Rp. 50,000. Jadi, Gobann memiliki dua menu utama, yaitu Kangtao dan Demand. Kangtao adalah freelancer yang ingin menawarkan jasa mereka, sementara Demand adalah permintaan jasa dari klien.

Jenis pekerjaan yang ditawarkan di Gobann juga cukup banyak mulai dari programming sampai travel. Karena harganya yang Rp 50,000, banyak orang yang menawarkan jasa-jasa unik mereka misalnya membuat karikatur dari foto Anda, menawarkan membuatkan slide berisikan 10 foto dengan background salju untuk Anda, sampai membersihkan kamar dalam 1 jam. Metode pembayaran yang disediakan di website ini adalah transfer bank, PayPal, dan T-Cash.

Upwork

Upwork adalah situs freelance berbasis cloud yang dikenal memiliki jumlah klien dan freelancer terbesar. Website ini bisa digunakan oleh bisnis dari berbagai ukuran dan freelancer dengan tingkat keterampilan yang berbeda. Upwork memungkinkan Anda untuk menyaring daftar pekerjaan yang tersedia sesuai dengan keterampilan Anda. Selain itu, UpWork juga memiliki fitur yang membantu mendeteksi apakah klien yang mendaftarkan pekerjaan itu palsu atau tidak. UpWork sering disebut sebagai website freelance terbaik karena mereka menyediakan layanan yang berkualitas tinggi.

User di Upwork dapat dengan mudah mencari pekerjaan karena user interface yang user-friendly dan mudah untuk dinavigasi. Jika Anda mendapatkan pekerjaan di Upwork, mereka akan mengambil komisi dari bayaran yang Anda dapat. Anda juga bisa dengan mudah berkomunikasi dengan klien dengan fitur komunikasi yang ditawarkan Upwork. Tetapi kalau kamu menggunakan Upwork sebagai pengguna gratis, kamu hanya bisa melakukan bidding dalam jumlah terbatas dalam satu bulan. Anda bisa menambahkan ini melalui paket membership.

Crowdsource

Crowdsource telah disebut sebagai salah satu website freelance terbesar yang tersedia. Website lebih cocok bagi Anda yang mencari pekerjaan dalam bidang pembuatan konten, editing, perusahaan media, dan penerbit. Yang unik adalah CrowdSource memecah tugas-tugas besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil yang lebih mudah dikelola. Kalau Anda dianggap memenuhi syarat, Anda dapat mengerjakan pekerjaannya melalui platform terintegrasi. Jika pekerjaan freelancer dianggap baik, mereka akan menerima kompensasi yang lebih besar dan mendapatkan akses ke pekerjaan yang lebih banyak.

Serba50ribu

Sama dengan Gobann, di situs freelance ini anda bisa menjual jasa apa saja dengan harga 50ribu.

Bedanya, situs ini memberikan opsi kepada pembeli jasa untuk menyarankan jasa yang dia cari. Jadi, anda bisa menjadikannya referensi untuk memulai menjual jasa.

Itulah 5 website asal Indonesia yang hendak anda coba jika ingin menjadi pekerja lepas, bagi untuk yang sudah bekerja maupun yang lagi menempuh perkuliahan. Semoga situs-situs tersebut dapat menambah penghasilan anda.

Toptal

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahan

Dengan pendekatan yang berbeda, Toptal jelas diperuntukkan untuk pekerja lepas yang benar-benar berbakat. Jika kamu lolos seleksi di Toptal, kamu akan mendapatkan akses tak terbatas ke berbagai proyek keren seperti JPMorgan, Zendesk, Airbnb dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa bergabung dengan forum Toptal untuk selalu tahu informasi terkini soal Toptal dan berdiskusi dengan pekerja lepas lainnya.

Elance

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahanelance.com

Elance akan memberimu banyak kesempatan sehingga kamu gak perlu berebut proyek dengan para pekerja lepas lainnya. Kamu bisa langsung membuat profil dan mengerjakan proyek dan kamu akan dibayar per jamnya.

Catatan editor: Elance telah bergabung dengan Upwork saat artikel ini diterbitkan.

Guru

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahanguru.com

Situs ini akan menampilkan pekerjaanmu sebelumnya, dan menawarkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu untuk memastikan bahwa kamu gak melewatkan satu kesempatan bagus.

Peopleperhour

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahan

Peopleperhour adalah wadah yang bagus untuk para pekerja lepas proyek website. Jika kamu desainer, website developer, spesialis SEO, situs ini jelas harus kamu coba.

Freelance Writing Gigs

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahan

Entah kamu penulis, editor, blogger, penerbit, atau gabungan dari semua itu. Situs ini adalah pilihan yang tepat untuk pekerja lepas yang sering berkutat dengan kata-kata. Salah satu website freelancer yang lumayan.

Demand Media

Demand Media adalah wadah untuk para orang kreatif, termasuk penulis, pembuat film, sutradara, fotografer dan lain lain. Kamu akan bekerja dengan sebuah situs untuk membuat konten kreatif dan menarik pembaca serta memromosikan bakatmu.

College Recruiter

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahan

Sama seperti namanya, College Recruiter memang diciptakan untuk kamu yang masih kuliah atau baru saja lulus dan mencari pekerjaan lepas untuk segala bidang. Lumayan kan, bisa dimasukin portfolio dan membantumu buat menaikkan karier.

GetACoder

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahan

Situs ini dibuat untuk para penulis, desainer website dan programmer lepas. Persis seperti bisnis startup kecil yang lagi membutuhkan ide situs website baru. GetACoder akan memberimu jutaan tawaran proyek untuk dikerjakan.

iFreelance

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahan

Situs ini hampir sama seperti situs pekerja lepas lainnya, cuma di sini kamu bisa menyimpan 100 persen pendapatanmu dan gak perlu takut kena pajak.

SimplyHired

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahan

Dengan jangkauan yang lebih luas dari situs lainnya, SimplyHired pas untuk semua orang. Mulai dari bidang penjualan hingga pekerja konstruksi.

Nah, kamu gak bakal galau lagi kan? Gih cobain satu-satu. Kali aja ada yang nyangkut.

Gimana, mau coba untuk mulai jadi freelancer ?

 

Mengapa memilih mejadi freelancer ?

Mengapa kita memilih menjadi seorang freelancer ? Karena yang pertama kita

Bekerja Bisa Darimana Saja

Perbedaan yang paling mencolok freelancer dengan kerja kantoran adalah para freelancer bisa melakukan pekerjaan dari mana saja dan di mana saja. Bisa sambil liburan ke Bali. Sesuatu yang tak mungkin dilakukan oleh para pekerja kantoran yang setiap pagi harus pergi ke kantor.

Waktu Yang Fleksibel

Pekerjaan bisa dilakukan kapan saja, tapi juga harus memperhatikan deadline yang telah ditentukan. Pekerja kantoran biasanya bekerja dari jam 08.00 – 16.00.

Baca juga:   Tips Memilih Baju Hijab Trendy

Tidak Ada Saling Sikut

Saling sikut di kantor adalah hal yang lumrah untuk cepat naik jabatan atau dipandang baik oleh bos. Nah, dengan jadi freelancer, anda tak harus sikut – sikutan.

I Like Monday

Satu hal yang paling tidak disukai oleh para pekerja kantoran adalah hari senin. Senin seakan menjadi momok yang menakutkan setelah satu hari libur dalam satu minggu. Jadi freelancer semua hari sama saja. Semakin cepat job selesai semakin bagus. Monday is Money Day.

Banyak Bertemu Orang Baru

Kadang di kantor kita sering merasa bosan hanya bertemu dengan orang – orang itu saja. Cobalah menjadi freelancer, anda akan bertemu orang – orang baru dari berbagai kalangan.

Tak Ada Aturan Dandan dan Seragam

Pekerja kantoran tiap pagi pasti melakukan rutinitas ini, yakni berdandan dan pakai seragam. Freelancer bebas memakai apa saja dan tak harus berdandan, karena kerjanya juga bisa dirumahkan.

Bebas Dari Tekanan Bos

Ini adalah mayoritas yang dirasakan para karyawan dan pekerja kantoran. Kadang kita sering merasa mangkel dan marah dengan sikap bos yang seolah mau menang sendiri. Dengan memilih menjadi freelancer, anda bebas memilih bos sendiri.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian