8 Strategi Ampuh Agar Dagangan Laris

(Last Updated On: November 27, 2018)

strategi ampuh agar dagangan laris – Salah satu pengukur kesuksesan ketika seseorang berjualan adalah dagangannya laris manis. Namun minimnya informasi yang diketahui produsen membuat dagangannya tidak laku. Mencari konsumen memang sulit tapi jika sudah mengetahui strateginya maka hal itu bisa dijawab dengan mudah. Oleh karena itu simak strategi ampuh agar dagangan laris berikut ini :

8 Strategi ampuh agar dagangan laris

strategi ampuh agar dagangan laris

strategi ampuh agar dagangan laris

1. Bangun Hubungan Yang Baik Kepada Pembeli

Kata pepatah ‘Pembeli adalah raja’ dan itu benar adanya. Dengan menjaga hubungan yang baik kepada pembeli maka itu bisa meningkatkan keinginan mereka untuk membeli barang kita lebih banyak lagi sehingga tingkat repeat order menjadi lebih banyak dan menghasilkan surplus barang yang kita tawarkan.

Cara sederhananya kalian bisa bersikap ramah dengan menanyakan hal-hal sederhana seperti ‘Bagaimana kabar Ibu/Bapak?’, ‘Semoga selalu sehat ya Bapak/Ibu sehingga Bapak/Ibu bisa membeli barang di sini lagi’, ‘Semoga Bapak/Ibu selalu ada rezeki jadi bisa beli barang produk atau jasa kami lagi deh’, dan sebagainya.

2. Perbaiki Kualitas

Ketika berjualan jangan pernah melupakan aspek ini karena sangat mempengaruhi tingkat penjualan kita saat ini dan kedepannya. Jika Anda memberikan kualitas yang buruk maka pembeli akan sepi karena barang yang kita tawarkan jelek dan tidak sesuai dengan penawaran yang Anda berikan.

Perbaiki kualitas dan evaluasi barang dagangan yang Anda tawarkan sehingga pembeli akan merasa puas terhadap pelayanan yang Anda berikan. Ini juga merupakan salah satu strategi ampuh agar dagangan laris.

3. Jaga Kebersihan dan Kerapihan Tempat

Menjaga kebersihan dan kerapihan tempat juga menjadi strategi ampuh agar dagangan laris. Sebelum memutuskan untuk membeli barang, pembeli pastinya akan memperhatikan tempat. Jika tempatnya kotor, maka akan menimbulkan perasaan jijik, geli, atau tidak nyaman pada pembeli. Maka dari itu, jaga kebersihan dan kerapihan tempat sehingga pembeli akan menimbulkan perasaan nyaman sehingga mereka akan belanja di tempat Anda lagi dan lagi.

4. Bersikap Jujur

Seharusnya sikap wajib yang harus dimiliki oleh pedagang adalah jujur. Katakan kepada pembeli sesuai kenyataannya. Misalkan, barang dagangan kita mengalami kelecetan atau kebusukan maka katakanlah sesuai kenyataannya.

Jika tidak jujur dan ketahuan pembeli maka akan timbul ketidakpercayaan konsumen terhadap barang dagangan Anda sehingga mereka tidak akan lagi beli barang di tempat Anda. Bahkan tidak akan merekomendasikannya ke orang-orang terdekat mereka. Walaupun Anda rugi tetapi jangka panjangnya akan banyak yang beli ke tempat Anda karena rekomendasi pembeli tersebut. Maka dari itu, menghindari sifat tidak jujur juga merupakan strategi ampuh agar dagangan laris.

5. Berikan Kejutan

Siapa sih yang tidak suka kejutan? Semua orang pasti suka dengan kejutan, tak terkecuali konsumen. Berikanlah kejutan-kejutan kepada konsumen Anda agar mereka puas dengan pelayanan Anda. Contoh kejutan sederhananya, yaitu dengan memberikan minuman gratis, makanan ringan gratis, payung gratis, dan sebagainya. Walaupun harganya tidak seberapa tapi konsumen melihat value dalam barang yang Anda tawarkan sehingga akan meningkatkan traffic dan engagement barang yang Anda tawarkan.

6. Jauhi Sifat Serakah

Setiap pengusaha pasti selalu ingin mendapatkan untung yang besar. Tapi jika terlalu berlebihan itu juga tidak baik bagi Anda karena akan menimbulkan sifat tamak atau serakah. Jauhi sifat tersebut jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses karena itu akan merugikan diri kalian sendiri dan orang lain.

Anda boleh mengambil untung tetapi jangan berlebihan. Jangan seperti “haji mumpung” atau memanfaatkan kesempatan karena jika pembeli tahu bahwa Anda mengambil untung banyak maka mereka dengan perlahan akan meninggalkan Anda. Hindarilah sifat serakah mulai dari sekarang jika tidak ingin kehilangan pelanggan Anda.

7. Dengarkan Saran dan Kritik Orang Lain

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dan besar ada kalanya mendengarkan saran dan kritik orang-orang di sekitar perlu untuk mengembangkan usaha Anda. Jika ingin barang Anda laris manis di pasaran maka dengarkan keluhan, permintaan, dan kebutuhan mereka.

Dengarkan apa yang mereka mau, minta, dan ingin. Dengan melakukan hal tersebut dapat dipastikan bahwa akan banyak pembeli baru yang berdatangan dan berlangganan dengan Anda.

8. Serahkan Semua Pada Yang Maha Kuasa

Setelah melakukan usaha-usaha di atas jangan pernah lupa untuk selalu menyerahkan semuanya kepada yang Maha Kuasa karena Dia-lah yang menentukan. Jika memang dagangan Anda belum laris sabar dan ikhlas saja mungkin yang Maha Kuasa sedang mempersiapkannya pada saat Anda membutuhkannya.

Leave a Reply