Tahukah Anda Bagaimana Cara Menjual Produk Lewat Internet ?

Cara Menjual Produk Lewat Internet – Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara menjual produk lewat internet dengan mudah. Sebelum saya membahasnya lebih lanjut, saya akan memberitahukan suatu hal kepada anda yaitu salah satu kunci utama dalam kesuksesan bisnis adalah memasarkan produk anda di internet atau secara online.

Mengapa ?

Karena dengan internet kita dapat menjangkau pasar yang luas dan menjangkau lebih banyak orang dengan biaya yang bisa dikatakan cukup murah.

Memasarkan dan menjual produk anda di internet bisa dibilang sangat mudah karena kita tidak membutuhkan keahlian khusus. Hanya dengan media sosial saja kita sudah dapat memasarkan produk kita di internet dengan gratis.

Bisa dikatakan kalau bisnis di internet dengan cara memasarkan produk dengan media sosial adalah cara mudah dan tanpa modal. Untuk itu anda bisa memanfaatkan media sosial ini sebagai promosi, jangan hanya sebagai media untuk berteman saja.

Setelah anda paham mengenai keuntungan dari menjual produk atau memasarkan produk di internet. Bagi anda yang kesulitan untuk menjual produk di internet, nah simak baik-baik artikel ini. sekarang mari kita bahas bagaimana cara menjual produk di internet yang mudah untuk dilakukan:

Cara Menjual Produk Lewat Internet Dengan Mudah

Cara Menjual Produk Lewat Internet

Cara Menjual Produk Lewat Internet

Menjual di marketplace

Sebelum nya saya akan menerangkan sedikit mengenai marketplace. Marketplace adalah tempat orang untuk menjual jasa atau produk digital (seperti E-book) atau bahkan produk biasa yang berada di dalam satu website marketplace tersebut.

Salah satu contoh marketplace Indonesia adalah ratakan.com yang menjual produk digital atau seperti tokopedia yang menjual produk offline atau biasa.

Caranya untuk dapat menjual produk anda di marketplace adalah anda tinggal mendaftarkan diri saja dan mendaftarkan produk apa yang ingin anda jual atau tawarkan.

Beberapa tahun belakangan ini, Indonesia memiliki banyak sekali marketpalce baru yang sangat ramai dikunjungi dan populer.

Ini akan sangat menguntungkan anda karena mempromosikan produk anda di marketplace tidak membutuhkan biaya dan tenaga, karena marketplacenya yang akan mempromosikan produk anda kepada pengunjung website marketplace tersebut.

Cara Menjual Produk Lewat Internet

Cara Menjual Produk Lewat Internet

Agar kita dapat menjual produk kita di marketplace, kita hanya perlu memiliki kerpercayaan dan kerjasama yang tinggi sehingga pelanggan akan percaya kepada kita.

Anda juga harus memberikan deskripsi secara lengkap dan jelas mengenai produk anda, karena semua dilakukan secara online dan tidak bertatap muka.

Dengan cara-cara yang saya berikan di atas akan sangat memudahkan anda untuk menjual produk anda di internet, apalagi jika anda sudah memiliki reputasi atau kepercayaan konsumen.

Satu hal lagi yang perlu anda ingat adalah untuk memilih marketplace yang cocok dan sesuai untuk anda, karena di Indonesia ini banyak sekali marketplace.

Menggunakan sosial media

Seperti yang sudah kita singgung sedikit diatas bahwa salah satu mempromosikan produk anda lewat internet adalah menggunakan media sosial. Karena dengan media sosial kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk beriklan atau promosi.

Anda bisa memanfaatkan Media sosial yang bagus untuk berpromosi yaitu adalah facebook dan juga instagram. Mengapa?

Karena facebook adalah media sosial terbesar penggunanya dan juga menyediakan fitur-fitur untuk berpromosi serta iklan. Anda juga bisa menyebarkan artikel yang berpotensi untuk menjadi viral.

Salah satu fitur facebook yang menarik adalah like dan share, karena setiap kali orang like atau share maka post kita di facebook akan juga bisa dilihat oleh teman dari orang yang like postingan kita tersebut.

Lain halnya jika instagram, Instagram adalah media sosial berbasis gambar yang sedang naik daun saat ini. Instagram memiliki keunggulan di fitur gambar nya karena memiliki filter untuk mempercantik gambar atau membuat gambar itu lebih menarik.

Fitur kemudahan yang diberikan oleh instagram lainnya adalah hastag# yang akan membuat kata kunci dari gambar tersebut mudah di cari oleh orang. Misalnya anda posting gambar bisnis, Anda bisa memberikan kata kunci #bisnis #bisnisonline #bisnistanpamodal dan lain-lain.

Ok jika anda sudah paham dengan 2 media sosial diatas, sekarang saya akan bahas bagaimana cara memulai awal berpromosi.

Caranya mudah dan pasti bisa anda lakukan, yaitu pertama anda perlu memberikan konten-konten yang bermanfaat. Misal jika post anda tentang bisnis maka anda berikan posting yang bermanfaat mengenai bisnis atau tips dan trik bisnis.

Nantinya jika postingan anda berkualitas dan disukai banyak orang maka akan ada banyak orang yang share konten anda, sehingga anda memiliki banyak follower. Setelah itu baru anda mulai menawarkan produk anda yang anda jual misalnya e-book atau komunitas bisnis online.

Untuk teknik promosi dimedia sosial ini menggunakan teknik promosi soft-selling yang nantinya akan menggiring orang sedikit demi sedikit untuk membeli produk kita tanpa orang tersebut sadari.

Search engine optimization atau SEO

Cara Menjual Produk Lewat Internet

Cara Menjual Produk Lewat Internet

Cara yang terahir ini adalah menjual produk melalui website anda. Salah satu cara untuk menjualnya adalah dengan teknik SEO atau menaikan rangking website anda agar banyak dikunjungi orang.

Jika website anda banyak dikunjungi orang maka cepat atau lambar produk yang anda tawarkan di website anda akan terjual. Anda bisa memasang banner di website anda untuk mempromosikan produk yang anda jual dan meningkaatkan pengunjung website anda.

Untuk bahasan yang lebih detail lagi anda bisa baca disini: Apa itu SEO ?

Sekian artikel mengenai Cara Menjual Produk Lewat Internet ini semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mempraktekan untuk mempercepat langkah kesuksesan anda.

Leave a Reply