10 Tips Cara Bisnis Kopi Yang Harus Anda Ketahui !

(Last Updated On: November 26, 2018)

Tips Cara Bisnis Kopi – Kopi merupakan minuman yang dulu hanya di minum oleh bapak-bapak, tetapi sekarang kopi sudah menjadi gaya hidup anak muda. Kopi mulai banyak peminatnya sehingga permintaan kopi di indonesia semakin lama semakin meningkat, karena itu banyak kedai kopi baru yang bermunculan dan bahkan banyak sekali, sehingga ini membuat peluang bisnis baru di bidang kopi.

Karena itu bisnis kopi sekarang porspeknya lagi sedang berkembang pesat, karena itu anda membaca artikel ini untuk mencari tau bagaimana cara memulai bisnis kopi kan ? Di artikel ini akan anda dapatkan semua tips nya !

10 Tips Cara Memulai Bisnis Kopi

Dibawah ini ada beberapa tips untuk Anda yang ingin berbisnis kopi dan ingin membuka kedai kopi atau cafe. Cara dibawah ini harus anda ketahui agar anda dapat menjalankan bisnis kopi.

Tips Cara Bisnis Kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

1. Target Konsumen

Sebelum anda membuat bisnis kopi, pastinya anda harus tau terlebih dahulu siapa target pasar anda. Apakah anak muda atau bapak-bapak, laki-laki atau perempuan  dan berapa penghasilannya ?

Seperti apa mereka menganggap cita rasa suatu kopi. Dan kira-kira mereka itu backgroundnya apa ? Mahasiswa, pekerja kantoran, bos atau direktur, atau penikmat kopi ?

Dengan memahami konsumen, anda bisa memikirkan strategi untuk kopi anda, dari sefi desain, tempat dan juga taste kopi yang ingin anda jual.

Saya beri contoh: Misal orang australia, mereka tidak suka minum kopi susu atau latte, mereka lebih suka meneguk kopi expresso, sehingga Starbuck salah satu gerai kopi terbesar di dunia, tidak laku di australia karena konsumen mereka yang tidak suka minuman bercampur dengan susu, sedangkan starbuck banyak menu yang mengandung susu atau latte.

Tapi, sebelumnya anda coba terlebih dahulu dari yang paling awal yaitu berjualan dengan modal sedikit. Cara ini saya bahas di artikel saya mengenai cara berjualan dengan modal sedikit.

2. Lokasi bisnis kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

Untuk memulai bisnis kopi, pastikan anda juga memilih tempat yang strategis atau ramai. Dan yang terpenting adalah sesuai dengan target pasar anda. Karena menentukan tempat sangatlah penting, dimana orang dapat melihat dan mampir ke tempat anda.

Begitu pula jika anda ingin mengonsep bisnis kopi dengan kafe. Ini akan sangat membantu bila lokasi yang anda pilih adalah lokasi yang berdekatan dengan kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Sedangkan bila anda lebih berminat untuk memanjakan lidah pecinta kopi pada suatu tempat yang relax, anda dapat memilih lokasi di tempat rekreasi.

Jangan membuka kedai kopi mewah di sekitar pasar tradisional yang cukup kumuh. Konsumen anda tidak akan tertarik dengan kopi tersebut karena harganya mahal.

Begitu pula, jangan membuka usaha kopi kecil-kecilan di pusat kota jakarta. Orang tidak akan melirik kedai kopi anda dan hanya lewat saja.

3. Menemukan supplier

Tips Cara Bisnis Kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

Supplier adalah hal yang sangat penting didalam membangun bisnis kopi.

Jika anda menjual kopi dalam jumlah kecil mungkin supplier tidak menjadi masalah, tetapi jika anda memiliki kafe mungkin supplier menjadi salah satu hal yang dibutuhkan.

Beda lagi kalau target anda kelas menengah ke atas. Jika anda inn omset jutaan perhari, anda harus menarget konsumen ini. Mereka rela membayar mahal, oleh karena itu mereka layak mendapat kopi terenak yang pernah ada.

Anda bisa pergi ke tempat lain untuk mencoba dan membeli kopi untuk mendapatkan kopi terenak dan itu akan menjadi bahan riset anda kepada pelanggan juga.

4. Bisnis plan atau rencana bisnis

Tips Cara Bisnis Kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

Selain supplier, konsep untuk membangun bisnis kopi anda harus juga ada, apakah anda hanya ingin membangun toko atau kedai kopi saja ? Tidak akan berkembang 10 tahun kedepan jika anda tidak ada plan untuk kedepannya.

Rencana bisnis ini juga harus anda pikirkan karena jika tidak anda bisa dikalahkan oleh kompetitor anda, jika anda pergi ke toko kopi anda bisa melihat rencana bisnis mereka kedapannya, karena itu untuk membuat bisnis plan atau rencana bisnis, anda harus banyak melakukan riset dan juga banyak mencari link kenalan bisnis owner.

5. Menu kedai Kopi anda

Tips Cara Bisnis Kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

Menu kopi sangatlah penting karena, menu dalam sebuah cafe adalah sesuatu yang sangat penting didalam sebuah cafe. Menu cafe harus anda desain berdasarkan riset yang sudah anda buat. Dimana menyesuaikan dengan keadaan atau pasar anda dan juga masyarakat sekitar. Karena ini sangat penting sekali.

Saya bericontoh starbuck tidak laku menunya di australia karena, masyarakat disana lebih memilih minum kopi expresso di banding dengan americano. Karena itu starbuck tidak laku disana, tetapi berbeda dengan di indonesia ataupun di korea.

6. Barista

Tips Cara Bisnis Kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

Salah satu kunci untuk menjalankan kafe atau membuka toko kopi adalah karyawan, dimana anda harus mencari seorang karyawan dan juga barista yang bisa meracik kopi dan juga membuat minuman di kafe anda.

Jadi memang sedikit susah karena tergantung pada seseorang dan tidak bisa kita kerjakan sendiri karena akan terlalu banyak yang harus dikerjakan. Kemudian memiliki seorang barista sama seperti kita memiliki seorang koki, karena inti dari menu kita adalah barista yang membuat nya.

7. Izin Usaha

Tips Cara Bisnis Kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

Yang terpenting juga mengurus perizinan yang harus anda lakukan agar terhindar dari ilegalitas. Perizinan juga harus sangat penting karena nantinya anda juga yang akan susah sendiri jika tidak mengurus perizinan ini dengan benar.

Selain itu juga perizinan juga sangat penting untuk menambah kepercayaan konsumen terhadap produk anda, berarti produk anda sudah lulus tahap perizinan dan aman untuk di konsumsi.

8. Pelayanan Memuaskan

Tips Cara Bisnis Kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

Service dari sebuah kafe adalah sesuatu yang sangat penting dalam membuat bisnis kafe. Pelayanan sebuah kafe harus sudah dipikirkan karena setiap kafe pasti punya pelayanan yang akan sangat di tunggu oleh customer anda.

Konsep service dalam sebuah kafe juga harus anda pikirkan, apakah kafe anda ingin diberi konsep lebih ke take away atau di bikin lebih ke arah yang harus ngafe di tempat. Karena setiap konsep pasti ada resiko dan dampaknya.

9. Konsep Kedai Kopi atau cafe anda

Tips Cara Bisnis Kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

Konsep sebuah kafe pastinya sangat penting untuk melengkapi sebuah cafe. Karena sekarang ini kalau diamati banyak kafe yang ramai karena konsep yang menarik yang ditawarkan, mulai dari bentuk arsitek ruangan dan juga menu dalam kafe tersebut.

Karena itu anda juga harus bisa memikirkan konsep baru dimana anda bisa membuat kafe yang nantinya bisa menawarkan sensasi baru. Misalnya membuat minuman yang unik sehingga banyak orang penasaran untuk datang.

10. Strategi Pemasaran

Tips Cara Bisnis Kopi

Tips Cara Bisnis Kopi

Yang terakhir dana paling penting adalah pemasarannya, karena jika tidak ada pemasaran maka anda tidak dapat menjual kopi anda atau kafe anda sepi. Pemasaran ini bisa anda lakukan secara offline atau online, misal offline anda bisa menyebarkannya dari mulut ke mulut atau membuat iklan spanduk di jalan untuk pembukaan kafe anda.

Kemudian jika online, ada banyak teknik yang bisa anda lakukan yaitu dengan iklan di facebook, instagram atau google. Kemudian anda bisa masukan ke paid promote dimana nantinya akan banyak dilihat orang. atau anda mengurus sendiri followers instagram anda dengan cara menggunakan tools yang canggih yaitu activfans, ini adalah instagram tools automation, untuk mendapatkan banyak followers.

Apa itu Activfans

Apa itu Activfans

Dan masih banyak cara pemasaran lewat online yang anda bisa lakukan misalnya melalui email marketing atau membuat website.

 

Bisnis Kopi Sekarang, Siapa Takut?

Setelah melihat 10 tips di atas, apakah kamu sudah bisa membayangkan saat-saat bisnis kedai kopimu mendulang kesuksesan?

Hal paling utama dalam berbisnis adalah MEMULAI! Riset dan juga perhitungkan resikonya terlebih dahulu dan berusaha dan terus kembangkan terus teknik pemasaran anda dan juga cara menjual kopi anda.

By KARSCOFFEEID.COM Indonesian Coffee Beans WA 0813 3034 1340

Ingin gabung komunitas belajar bisnis online ? Join disini 

Komunitas Internet Marketing Di Surabaya

Komunitas Internet Marketing Di Surabaya

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply