Tips Dan Trik Jualan Di Tokopedia Dengan Mudah

Tips Dan Trik Jualan Di Tokopedia – Tokopedia memang saat ini sudah menjadi salah satu marketplace yang besar di indonesia dan sudah di percaya banyak orang. Banyak seller dan buyer bertransaksi setiap harinya di tokopedia.

Bisnis tidak hanya melulu berpikir tentang uang mendapat keuntungan dan juga menjalin kepercayaan tetapi juga harus memperhatikan beberapa hal berikut.

Tips Dan Trik Jualan Di Tokopedia Yang Harus Anda Tau

Tips Dan Trik Jualan Di Tokopedia

Tips Dan Trik Jualan Di Tokopedia

Produk yang kita jual

Jual barang dengan menggunakan foto Watermark toko tas dan menggunakan original foto dan Jangan selalu menggunakan banyak efek atau edit.

Jangan hanya sekedar copas

Produk yang dijual bervariasi agar customer dapat menghemat ongkir, mungkin juga tokosebelah harga lebih murah tetapi produk yang ditawarkan tidak variatif, jadi anda bisa menambahkan di toko anda dengan produk yang variatif tidak perlu dengan menjatuhkan harga.

Produk yang kita jual harus unik

Anda tidak perlu menjual produk Anda dengan harga murah atau menjatuhkan harga untuk bersaing dengan kompetitor anda cukup menjual sesuai dengan harga yang anda Tentukan. Lalu juga gunakan pangsa pasar yang relatif lebih kecil contohnya aksesoris yaitu casing HP dan lain-lain.

Tidak perlu membuat satu tokoh tertentu untuk menjual barang-barang yang unik atau berbeda, anda bisa menjualnya di toko yang sama. Misal Jika saya memiliki toko baju maka kemungkinan saya juga bisa menjual aksesoris untuk baju, meskipun komoditasnya sama tapi tidak membedakan pangsa pasarnya karena yang kita jual unik.

Tips Dan Trik Jualan Di Tokopedia

Tips Dan Trik Jualan Di Tokopedia

Jual murah atau jual dengan kompetitif?

Ini mungkin yang sering banyak menjadi pertanyaan para pesaing bisnis online berkaitan dengan harga yang murah bahkan kadang menjual di bawah harga kulak. Ada plus minusnya dari menjual harga murah yaitu pastinya barang akan lebih laris, tapi ada pepatah bilang kalau jual sekedar murah anak kecil juga bisa jualan.

Kembali lagi tidak ada peraturan yang wajib memilih jual murah atau jual dengan kompetitif ini adalah pertimbangan masing-masing anda, tapi kalau menurut saya mending menjual dengan harga kompetitif dan bersaing dengan meningkatkan pelayanan daripada harus menjatuhkan harga.

  • Pertimbangan jual murah

Harus memiliki pihak 3 sebagai profit sharing, dan membutuhkan modal yang besar terkait stock dan cashflow dari suatu toko. Kualitas yang dijual juga harus diperhatikan biar tidak menimbulkan komplain pelanggan karena biasanya toko yang jual murah membuat peraturan no refund, no complain dll.

Pembeli yang banyak juga menjadi tantangan untuk melayani dan memberikan yang terbaik. Kelemahannya juga pembeli tidak akan loyal kepada kita, dan lebih baik kita membutuhkan pembeli yang loyal dan bukan pembeli yang murah di beli dan mahal kabur.

  • Pertimbangan jual kompetitif

Tidak ada sharing profit dari pihak ke 3, anda bisa memiliki dobel benefit atau keuntungan dobel. Kualitas produk adalah nomer 1 dan kita dapat memberikan garansi kepada pelanggan untuk kepercayaannya untuk masalh packing dan lainnya.

Jika kita fokus pada pelayanan yang baik dan produk yang berkualitas cepat atau lambar pelanggan akan datang dan repeat order kepada kita dan mendapat rekomendasi gratis ke teman teman buyer. Dengan begitu bisnis kita akan tetap lancar dan berjalan.

Tips Dan Trik Jualan Di Tokopedia

Tips Dan Trik Jualan Di Tokopedia

Pasar baru dan kompetisi

Dalam berbisnis kompetisi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari, jika anda memiliki ide atau membuka toko yang baik dan bagus sudah pasti akan ada kompetitor yang akan masuk, jika tidak ada kompetitor yang masuk berarti produk Anda tidak begitu bagus.

Jangan terburu-buru jelek dari kompetitor, kompetitor bisa menjadi teman terbaik kalau tidak ada kompetitor kita tidak akan bisa memperbaiki pelayanan toko kita dan tidak dapat berinovasi. Jadi sangat penting sekali kompetitor ini untuk menyemangati atau menjadi patokan kita dalam berbisnis.

Memiliki pelayanan nilai plus

Buatlah layanan atau produk yang berbeda atau meningkatkan mutu dan kualitas produk kita agar dapat bersaing dengan produk produk lain yang menjadi saingan bisnis kita. Kita bisa memberikan value yang lebih kepada customer kita agar tokoh kita dapat berkembang.

Untuk menambah layanan atau value kepada customer tidak perlu menambah pajak yang terlalu besar, anda bisa cukup dengan mengirimkan ucapan terima kasih atau memberikan bonus diskon belanja.

Tetapi anda juga bisa menambah serius dengan biaya seperti meningkatkan mutu pelayanan karyawan anda dan tingkat kerja karyawan anda. Cara Ini adalah cara yang dilakukan oleh Mie Sedaap yang sempat menggoyang pasar Indomie yang sudah mendominasi lebih dari 25 tahun.

 

Leave a Reply