Tips Dan Trik Sukses Berbisnis Fotografi

Trik Sukses Berbisnis Fotografi – Dunia fotografi memang sedang naik daun saat ini jika di bandingkan dengan beberapa tahun lalu. Banyak juga orang yang berkeinginan untuk berprofesi untuk menjadi fotografer karena sudah mulai memliki banyak peluang di bidang ini.

Trik Sukses Berbisnis Fotografi

Trik Sukses Berbisnis Fotografi

Contohnya seperti pre wedding atau sweet untuk acara ulang tahun dan foto produk. Mungkin masih banyak bidang dalam fotografi yang bisa menjadi peluang anda. Fotografi juga lebih mudah di jaman sekarang jika dibanding dengan jaman dahulu, kini kita tidak perlu menggunakan film yang menghabiskan biaya banyak. Kita bisa menggunakan memori digital dan bisa mencetaknya di pencetakan dengan murah.

Untuk memulai bisnis fotografi ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, tetapi harga kamera sekarang sudah mulai terjangkau dan tidak seperti dulu lagi. Anda bisa memiliki kamera dengan harga 6 jutaan dan sudah bisa menghasilkan karya dari hasil foto anda tersebut.

Anda bisa memulai denga cara mencari pelanggan yang membayar anda dengan harga murah karena pertam yang harus dilakukan adalah memiliki reputasi.

Di artikel kali ini saya akan membahas Tips Dan Trik Sukses Berbisnis Fotografi yang bisa anda lakukan dari dasar atau bahkan pemula sekali pun.

Tips Dan Trik Sukses Berbisnis Fotografi Dengan Kreatif

Trik Sukses Berbisnis Fotografi

Trik Sukses Berbisnis Fotografi

  • Membeli kamera

Untuk berbisnis fotografi yang pertama harus anda lakukan adalah memiliki kamera. Kamera bisa anda dapatkan dengan harga 6 jt an dan mulai untuk membuka usaha jasa dalam bidang fotografi. Anda bisa mmebelinya di toko kamera terdekat atau jika anda belum bisa membeli anda bisa meminjam pinjaman kepada teman anda dan mengembalikannya setelah anda sukses dalam usaha fotografi ini.

  • Mencari reputasi

Untuk mengembangkan bisnis jasa fotografi anda pasti membutuhkan reputasi dan rekomendasi orang, jadi sangat penting untuk mendapat rekomendasi tersebut. Anda bisa mencari dengan menawarkan jasa anda dengan bayaran seiklasnya atau sedikit dan meminta clien anda untuk memberikan penilaian dan reputasi kepada anda.

  • Mencari ilmu

Selain mencari ilmu mengenai fotografi anda juga perlu mencari ilmu untuk cara berbisnis fotografinya, misalnya untuk membuka studio atau jasa foto pre wedding. Mencari ilmu bisa dimulai dengan bergaul dengan sesama fotografer dan pemilik studio dan menawarkan kerjasama.

  • Memiliki tim

Anda juga harus mulai mengembangkan usaha fotografi anda karena itu anda membutuhkan tim dimana tim tersebut dapat membantu anda mengembangkan usaha fotografi anda dan dapat memudahkan perkerjaan anda juga karena melibatkan kerja sama tim untuk berkembang bersama-sama.

  • Mempromosikan bisnis anda

ini adalah tahap yang paling penting yaitu mempromosikan bisnis anda karena jika tidak ada yang tahu perusahaan atau tim fotografi anda maka anda tidak dapat menghasilkan atau tidak mendapatkan project. dengan mempromosikan bisnis anda, Anda bisa memiliki tawaran projek berupa foto produk atau bahkan pre wedding. Anda bisa mempromosikannya dengan media sosial seperti instagram atau facebook yang banyak dipakai orang karena akan lebih mudah untuk menjangkaunya.

Trik Sukses Berbisnis Fotografi

Trik Sukses Berbisnis Fotografi

  • Mengembangkan ide kreatif

Mengembangkan ide kreatif memang sudah dibutuhkan oleh semua industri bisnis mulai dari kuliner sampai fotografi semua pasti membutuhkan inovasi baru dan kreatifitas. Salah satu kreatifitas fotografi yang saya bisa mengangguminya adalah konsep photo on white yang dipraktekan oleh fotografer terkenal Jerry Aurum yang sudah menerbitkan bukunya berjudul ‘on white’ yang bisa anda cari di toko buku terdekat.

Jadi ide kreatif sangat penting dengan perkembangan industri bisnis sekarang ini selain pengetahuan yang cukup.

 

Sekian tips dan Trik Sukses Berbisnis Fotografi dari saya semoga bermanfaat dan berguna untuk menjalankan bisnis anda. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply