Tips Jualan Via Online Dengan Mudah

Tips Jualan Via Online – Saat ini banyak sekali muncul perusahaan dan juga usaha-usaha baru di bisnis online, mengingat perkembangan bisnis di dunia online semakin berkembang dengan pesat dari waktu kewaktu. Bisnis online atau e commerce mulai berkembang pesat di indonesia, jumlahnya makin lama makin banyak. Hal ini sejalan dengan data dari asosiasi e commerce of association (idEA), yang menyatakan potensi transaksi pada bisnis online di indonesia terus meningkat secara drastis.

Di perkiraan dari US$ 8 milliar atau setara dengan 94 trilliun rupiah pada tahun 2013 dan meningkat menjadi US$ 24 miliar atau setara dengan 283 trilliun rupiah pada 2016. Bagaimana? Signifikan banget kan?

Banyak sekarang yang sudah memulai bisnis online, tak heran jika saat ini mulai dari perusahaan besar sampai kecil bahkan kelas mikro pun berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan bisnis berbasis online. Di dukung dengan adanya berbagai situs yang memberikan layanan kemudahan proses jual beli jadi membuat e commerce berkembang dengan baik.

Tips Jualan Via Online Untuk Memulai Bisnis Online

Tips Jualan Via Online

Tips Jualan Via Online

Berikut adalah beberapa Tips Jualan Via Online yang akan saya bagikan kepada anda yang baru ingin memulai bisnis online:

  • Mulai dengan share, jangan sell

Kunci untuk menjual sesungguhnya adalah link dan hubungan baik, maka kalau kita tiba-tiba kita menyebarkan info jualan lewat sosial media kita, bisa saja kita di anggap spam. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa pertama tama untuk membagikan kontent bermanfaat atau sharing cerita ermanfaat agar tidak dianggap spamming karena hanya sekedar sharing.

Cerita atau kontent yang anda bagikan bisa berhubungan dengan produk atau pun tidak itu terserah dari pilihan anda. Lebih baik jika cerita yang anda bagikan merupakan pengalaman pribadi agar orang lebih tertarik mendengarnya.

Dengan cara tersebut kita dapat menjalin hubungan dan kedekatan, jika sudah dekat maka kita menjual papun pasti bisa dengan mudah.

  • Jangan menjadi robot, jadilah manusia

Kadang  banyak teknologi atau tools yang memudahkan kita dalam menyampaikan pesan, contohnya saja blasting email atau pesan yang dilakukan waktu tertentu. Sebenarnya cara ini memudahkan kita dan tidak salah dilakukanm tetapi alangkah baiknya jika kita bisa mendekati customer secara personal dari pada memberikan blasting pesan.

Karena kita juga baru memulai dan kita bukan perusahaan yang cukup besar, jadi diusahakan memakai pendekatan secara personal dan tidak menggunakan tools blasting.

Memberikan kata sapaan juga sangat penting, intinya jangan membuat percakapan yang bernada kaku.

Tips Jualan Via Online

Tips Jualan Via Online

  • Beri respon, jangan abaikan feedbacks

Luangkan waktu untuk menjawab respon pertanyaan dari postingan yang anda kirim atau pesan yang anda kirim terhadap customer anda, karena ini akan sangat membantu dan melancarkan bisnis anda. Semakin anda cepat merespon maka orang akan semakin tertarik dengan anda.

Untuk chat via bbm atau line, dan juga whatsapp harus dibalas dalam waktu 1x 24 jam dan jika di sosial media seperti facebook bis dibawah 2x 24 jam dan jangan lebih dari itu, tetapi sebisa mungkin untuk merespon lebih cepat.

Jadi intinya selalu luangkan waktu untuk membalas sosial media anda dan juga chat anda, Jangan diabaikan !

  • Jalin empati dengan pelanggan

Trik ini mungkin adalah trik yang cukup unik menurut saya, karena caranya adalah dengan mencari keluhan pelanggan di online shop lawan kita. Jadi perumpamaannya, kita bisa mencari keluhan baju tidak sesuai foto, saat kita ketemu dengan status yang berhubungan dengan baju yang tidak sesuai dengan foto maka anda bisa membalas komentar tersebut dengan nada empati atau tanpa dengan nada menjatuhkan, dan yang terpenting adalah bukan dengan nada menjual, ingat nada berempati !

Misalnya sayang banget ya produknya masih kurang pas tetapi semoga harimu tetap menyenangkan ya, salam (…) Isikan nama toko online anda.

Dengan cara begini Anda bisa mendapatkan pelanggan dan membuat orang yang merasa kurang puas di toko online tersebut akan menghubungi anda. Dengan cara ini juga Anda bisa mendapatkan pelanggan tetap jika anda memberikan layanan dan fasilitas lebih baik. Menarik bukan?

Tips Jualan Via Online

Tips Jualan Via Online

  • Pentingnya ucapan terima kasih

Seiring dengan perkembangan jaman banyak orang melupakan pengucapan terima kasih kepada pelanggan. Paradigma ini salah karena ucapan sepele seperti Terimakasih kepada pelanggan adalah hal yang akan membekas di benak mereka.

Menurut sebuah penelitian fakta bahwa donatur yang memberikan ucapan terimakasih setelah memberi sumbangan kemudian dia bisa menjumpai lagi sampai 38%

Jadi sepelekan ucapan terima kasih kepada pelanggan anda, karena itu bisa membuat pelanggan anda menjadi pelanggan tetap.

  • Bagikan konten bermanfaat dan kata motivasi

Banyak orang terkadang merasa terbantu oleh karena tulisan-tulisan inspira yang kita buat, oleh karena itu memberikan tips dan kata-kata motivasi membuat orang untuk datang dan melihat toko online kita.

Untuk membuat tips dan konten bermanfaat Anda bisa membuatnya sesuai dengan produknya ada jual agar lebih mudah dan diselingi dengan memberikan kata-kata motivasi.

 

 

 

Leave a Reply