8 Tips Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula Anti Gagal

(Last Updated On: November 30, 2018)

Tips memulai usaha kuliner – Usaha di bidang kuliner tetap mendapat tempat yang bagus untuk menghasilkan uang. Apalagi bagi orang yang memang senang sekali memasak. Tidak harus mahir untuk memulai usaha, pemula pun bisa jika pandai mencari peluang. Sebelum terjun ke dalam dunia usaha, terapkan beberapa tips memulai usaha kuliner bagi pemula sebagai berikut :

8 Tips memulai usaha kuliner yang bisa anda coba !

Tips memulai usaha kuliner

Tips memulai usaha kuliner

1. Pandai Memasak

Tips memulai usaha kuliner bagi pemula yang pertama adalah pandai memasak. Tidak harus bisa dengan semua masakan, cukup beberapa menu andalan bisa dijadikan modal untuk berjualan. Jika tidak pandai memasak tapi tetap ingin memiliki usaha di bidang kuliner, bisa mempekerjakan orang yang mahir memasak. Makanan yang enak adalah kunci sukses usaha kuliner.

2. Menentukan Sasaran Pembeli

Sasaran Pembeli yang tepat ada kaitannya dengan jenis makanan yang akan dibuat dan dijual. Baik berupa kuliner kering yang ringan, atau makanan berat seperti sarapan pagi dan lauk pauk. Dari sinilah terbentuknya image bagi kuliner yang akan dijajakan baik dari segi harga maupun tampilan. Apakah bergaya remaja yang unyu atau ala ibu rumah tangga.

2. Ciptakan Kreasi Produk Kuliner yang Unik

Selain rasa, warna, bentuk, dan kemasan dari produk kuliner yang akan dijual juga bisa dijadikan sebagai magnet untuk mendatangkan pembeli. Tips memulai usaha kuliner bagi pemula yang tak kalah penting lainnya adalah terus berkreasi dan berinovasi dalam membuat produk makanan. Bentuk-bentuk yang unik, rasa yang beragam, dan kemasan yang menarik menjadi nilai pembeda dari usaha kuliner lainnya.

3. Utamakan Kualitas

Menarik perhatian terhadap pembeli tidak hanya sebatas bentuk dan rasa makanan yang unik saja. Kualitas dari usaha kuliner yang dijalankan juga dijadikan sebagai pertimbangan bagi pembeli untuk membeli produk kuliner tersebut. Dengan memperhatikan keamanan kemasan, tingkat higienis makanan, pelayanan yang ramah dan rasa yang enak, kualitas dari usaha kuliner yang dijalankan akan meningkat.

4. Mulai dari Rumah

Memiliki tempat usaha yang strategis sering menjadi tolak ukur utama keberhasilan suatu usaha, tak terkecuali kuliner. Maka dari itu banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan tempat yang bagus. Akan tetapi jika masih menjadi seorang pemula dalam hal berbisnis, jangan bertindak gegabah. Tips memulai usaha kuliner bagi pemula berikutnya adalah membangun usaha kuliner dari rumah.

Jadikan teras rumah sebagai tempat untuk berjualan. Karena dimulai dari rumah, tarik sebanyak mungkin perhatian tetangga untuk mau membeli makanan yang dijajakan. Semakin terkenal usaha kuliner yang ditawarkan kepada tetangga, maka orang lain juga akan tahu.

5. Gunakan Sistem Pesan Antar

Sistem pesan antar dikenal juga dengan metode pembuatan makanan setelah melalui proses pemesanan. Kadang kala sistem ini dikombinasikan dengan sistem pre order (mengumpulkan banyak pesanan). Keuntungan yang didapat dari sistem ini tentu saja bisa memperkecil kerugian sekaligus mengoptimalkan penggunaan bahan baku makanan agar tidak terbuang.

6. Gencar Promosi di Sosial Media

Selain dari mulut ke mulut, promosi juga harus dilakukan lewat berbagai macam media sosial. Sertakan pula gambar menarik dari usaha kuliner yang ditawarkan. Jangan bosan untuk terus mempromosikan produk agar semakin banyak orang yang tahu.

7. Konsisten Dalam Berusaha

Memulai usaha kuliner bagi pemula tidaklah gampang seperti membalik telapak tangan. Butuh keuletan dan kerja keras yang terus menerus. Selalu konsisten adalah kunci keberhasilan dari usaha kuliner yang dijalani. Jika tidak berhasil di tengah jalan, itu bukanlah sebuah kegagalan tapi awal dari kesuksesan. Tanamkan dalam diri sifat pantang menyerah untuk terus maju dalam berusaha.

8. Bangun Rasa Percaya Konsumen

Setelah melakukan langkah-langkah di atas dan berhasil memiliki konsumen, buatlah mereka menjadi konsumen tetap atas usaha kuliner yang dijalankan. Memberikan pelayanan terbaik merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk membangun rasa percaya pada konsumen sehingga mereka tidak akan sungkan untuk terus membeli. Bahkan rasa percaya yang mereka miliki dapat menular pada orang lain sehingga dapat menciptakan pelanggan baru.

Memulai usaha kuliner apalagi bagi pemula memang memiliki tantangan tersendiri, dimulai dari mempersiapkan modal, cara menjual, dan mempertahankan kualitas makanan yang dijual benar-benar menguras energi dan pikiran. Meski begitu jika memang memiliki ketertarikan di dunia masak memasak, apa salahnya digunakan sebagai batu asahan untuk mempertajam skill sekaligus menghasilkan.

Leave a Reply