19 Tips Posting Konten Instagram dan Bagaimana Strateginya ?

(Last Updated On: November 6, 2018)

Tips Posting Konten Instagram – Instagram merupakan platform sosial media yang cukup baru berbasis pada 90% gambar. Instagram juga belakangan ini menjadi sosial media no 1 yang paling di sukai oleh masyarakat insonesia. Instagram banyak dipakai oleh kalangan muda karena itu sosial media ini adalah pasar yang besar untuk melakukan bisnis ataupun pengembangan brand.

Banyak sekali peluang dan juga manfaat yang bisa Anda kerjakan di sosial media instagram ini, Dengan banyak sekali pengguna setiap harinya instagram menjadikan pasar yang sangat luas untuk anda. Nah di artikel kali ini Anda akan banyak belajar mengenai bagaimana Tips Posting Konten Instagram dan bagaimana cara nya ?

Karena itu baca artikel ini sampai akhir agar Anda mendapatkan ide untuk membangun instagram Anda.

19 Tips Posting Konten Instagram Yang Bisa Anda Terapkan !

Tips Posting Konten Instagram

Tips Posting Konten Instagram

Sebelum masuk ke Tips dan triks nya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui untuk terjun kedalam sosial media instagram ini:

Instagram For Business

Nah, pada mei 2016 instagram resmi merilis fitur barunya yaitu Instagram for business, dimana fitur ini memungkinkan anda untuk membuat profile bisnis untuk mengembangkan bisnis anda di sosial media ini.

Dengan profil bisnis, Anda sebagai pemilik bisnis dapat memilih bagaimana Anda ingin pelanggan mereka dapat menghubungi mereka; baik melalui telepon, SMS, ataupun email dengan tombol kontak dan mendapat petunjuk arah. Profil bisnis juga memungkinkan Anda untuk melihat Insights dan kemampuan untuk mempromosikan.

Insights

Insight ini dapat membantu banyak sekali, seperti contohnya adalah melihat jumlah postingan yang paling disukai followers anda, kemudian audience anda biasanya membuka pada jam berapa saja. Dengan semua data yang anda dapat dari insight maka Anda dapat mengetahui karakter dari followers anda atau pengunjung instagram anda, sehingga nantinya anda bisa menyesuaikan konten yang disukai oleh followers anda.

Promote

Fitur ini adalah iklan di instagram, dimana Anda bisa menjangkau banyak sekali orang dengan cara membayar. Konten yang ditampilkan pun beda, Anda bisa menambahkan tombol call to action, dimana tombol tersebut bisa disambungkan dengan link jualan Anda atau link whatsaapp anda.

Ini bisa Anda pelajari lebih detail di artikel saya mengenai Cara Iklan Di Instagram

Bagaimana Cara Membuat Akun Instagram Bisnis ?

Jika bisnis Anda belum memiliki akun Instagram for Business, Anda bisa mendaftarkan diri dengan gampang.

  1. Download aplikasi Instagram (dari App Store jika Anda menggunakan iOS, Google Play Store dari Android, dan Windows Phone Store untuk device Windows). Setelah aplikasi terinstal di handphone Anda, Anda tinggal membuka aplikasnya.
  2. Pilih Sign Up , masukkan alamat email Anda, dan klik Next . Anda juga bisa login dengan menggunakan akun Facebook Anda.
  3. Setelah Anda masuk ke dalam aplikasi, pilih Settings , dan scroll ke bawah sampai Anda menemukan Switch to Business Account.
  4. Setelah Anda mengubah akun Anda menjadi akun bisnis, Anda tinggal memasukkan informasi penting seperti waktu bisnis, alamat bisnis, dan nomor telepon bisnis Anda.

Mudah bukan? Nah sekarang langsung aja masuk ke pada Tips dan bagaimana cara menulis konten untuk Instagram.

Tips Posting Konten Instagram Yang Harus Anda perhatikan !

Tips Posting Konten Instagram

Tips Posting Konten Instagram

Dengan akun instagram bisnis, Anda dapat membuat teknik marketing yang sangat menarik dan bermanfaat untuk membangun brand Anda. Dibawah ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan untuk dapat membangun instagram yang baik.

Waktu posting instagram Anda

Nah ini ada hubungannya dengan tadi diatas, dimana di insight, anda bisa melihat jam postingan anda paling banyak dilihat, nah saat itu anda memposting agar banyak yang melihat postingan Anda. Setelah Anda menemukan waktu posting yang tepat untuk target Anda, tinggal posting saja pada waktu tersebut.

Jadwalkan postingan agar lebih tertata

Nah agar kesannya anda rajin posting dan terlihat kredible anda bisa menjadwalkan postingan Anda. Anda bisa membuat konten satu hari untuk satu minggu ke depan, agar anda tidak repot untuk memposting setiap harinya. Jadwalkan juga postingan instagram Anda berdasarkan waktu yang sudah Anda riset dan masukan caption dan juga hashtag.

Jika anda cari tools untuk menjadwalkan postingan instagram celebgramme jawabannya. Klik disini untuk langsung membelinya ! Klik gambar dibawah ini !

Tips Posting Konten Instagram

Tips Posting Konten Instagram

Posting beberapa kali dalam sehari

Selain itu juga Anda juga harus posting dengan jumlah postingan lebih dari 1 dalam sehari, mengapa demikian ? Dengan anda posting beberapa kali dalam sehari berharap bahwa postingan anda dapat dilihat oleh followers Anda. Karena terkadang postingan kita tenggelam oleh banyaknya postingan orang lain juga bukan ?

Karena itu tujuan posting beberapa kali dalam sehari ini adalah supaya konten Anda tidak tenggelam di feed Instagram dan selalu update sehingga memberikan kesan konten selalu segar dan kekinian.

Konten yang bertema

Sebelum Anda posting pastinya anda juga harus menentukan tema yang ingin anda posting, misal konten anda bertemakan bisnis, seperti website imersmuda.com maka anda bisa posting konsep bisnis atau motivasi bisnis agar instagram anda dapat dikunjungi oleh banyak orang, sehingga anda bisa mendapatkan banyak followers dan juga tertarget dan fokus pada topik atau konten yang disukai.

Dengan anda menentukan tema konten anda juga dapat meningkatkan followers anda dan meningkatkan brand awarness anda, karena unik dan hanya ada di account instagram anda.

Guidelines untuk Style Instagram Anda

Instagram sebuah brand sebaiknya memiliki style mereka sendiri untuk membedakan akun mereka dari brand lain sehingga brand Anda bisa menjadi memorable. Coba buat sebuah guideline tentang postingan Instagram Anda; apakah Anda mau menggunakan emoji di caption Anda? Apakah Anda ingin menggunakan bahasa yang formal atau informal untuk caption Anda? Apakah Anda ingin menggunakan ilustrasi untuk postingan Anda? Style guidelines ini harus membantu Anda membuat akun Instagram Anda berbeda, konsisten, dan mudah diingat.

Guidelines untuk Engagement

Guideline ini dibuat untuk menentukan bagaimana sebaiknya bisnis Anda berinteraksi dengan akun lain di Instagram, dari me-like dan komentar di foto akun lain sampai merespon komentar-komentar yang masuk ke akun Instagram bisnis Anda.

Semua Tips untuk Membangun Instagram Bisnis Anda

Tips Posting Konten Instagram

Tips Posting Konten Instagram

Instagram adalah platform yang sangat menonjolkan gambar dan juga video, karena itu Anda harus membangun gambar dan juga video yang bisa diingat oleh followers anda – seperti yang sudah saya singgung diatas, anggap anda sedang membangun brand anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun akun Instagram yang baik.

Identifikasi merek atau brand kamu

Kalah Anda sudah tau target pasar anda dan siapa saja followers anda dan tipe-tipe followers anda, maka berikutnya adalah anda harus indentifikasi brand anda. Apakah cocok atau tidak dengan brand yang akan anda bangun.

Anda juga harus menyesuaikan brand dengan followers anda, agar klop dan disenangi oleh followers anda. misal anda bisa berikan sejarah brand ini berdiri atau sejarah dibalik pemilihan brand ini atau berdirinya instagram account ini.

Membuat visual yang terbaik dan konsisten

Sebuah penelitian dari WebDam mengenai visual di social media menemukan bahwa 60% dari brand terkenal di Instagram menggunakan filter yang sama pada setiap post. Karena itu buatlah foto dan video instagram anda sebagus mungkin agar dapat menarik perhatian followers anda.

Anda bisa edit foto anda di photoshop atau aplikasi edit foto yang bisa membantu anda untuk mempercantik foto.

Membuat video secara kreatif

Membuat sebuah konten tidak harus foto, sekarang ini banyak sekali konten yang berupa video karena bisa lebih menarik perhatian audience atau followers anda. Karena itu banyak sekali bermunculan konten video, dan karena banyak bermunculan konten video anda harus membuatnya secara kreatif agar unik dan dapat menarik perhatian.

Untuk jenis video yang bisa Anda upload di Instagram antara lain video tutorial, video promosi dan diskon, video tips dan saran, video perayaan, video inspiratif dan jenis video-video lainnya yang sesuai dengan karakteristik followers Anda di Instagram.

Pilih subjek yang ingin Anda tampilkan

Kemudian anda juga harus menentukan subjek yang ingin anda tampilkan pada instagram anda. Misal imersmuda memiliki instagram dimana subjeknya adalah bisnis, jadi saya akan menapilkan postingan seputar bisnis dan bagaimana cara memulainya dan sampai mencapai titik tertingginya.

Karena itu membangun instagram tidaklah mudah, butuh banyak modal dan perjuangan, tapi anda beruntung bisa mempersiapkannya dari sekarang berkat artikel ini.

Gunakan Branded Hashtags

Hashtag adalah kunci pentin di dalam instagram, akrena hashtag sama seperti kata kunci dalam postingan anda, semakin anda menambahkan banyak kata kunci maka postingan anda akan mudah untuk dicari oleh orang.

Kita tahu batas penggunaan hashtag di dalam postingan Instagram adalah 30 hashtag. Menurut sebuah study Siply Measured, mereka yang menggunakan hashtag di dalam setiap postingannya, akan meningkatkan engagement sebesar 12,6% daripada mereka yang tidak menggunakannya. Tapi tetap dengan hashtag yang relevan dengan post dan target audiens kita.

Jika tidak ingin mengganggu caption text yang sudah kamu buat, kamu bisa menggunakan hashtag dengan tips berikut:

  • Memisahkan hashtag dengan caption text terakhir kamu
  • Jangan membuat caption dengan seluruh text berisi hashtag. Kamu bisa menulis hashtag di bagian komentar setelah caption yang kamu tulis.

Tetap perhatikan audience Anda

Anda tetap harus memperhatikan audience anda atau followers anda, misal selalu terus berkomunikasi atau memberikan benefit tertentu kepada followers anda. Misal gift away atau pun lainnya, karena itu adalah kunci agar followers anda tetap attract atau follow instagram anda.

Jadilah aktif dan menarik

Namanya saja sosial media, apalagi instagram adalah sosial media yang basisnya adalah konten gambar dan video, bahkan sekarang ada yang namanya live, jadi anda harus sering aktif dan buat konten yang menarik di instagram anda.

jangan samapai instagram anda mati dan tidak ada kesannya. buatlah sekreatif mungkin agar dapat menarik perhatian.

Membaca data

Yang terakhir ini cukup komplek dan harus dipelajari, karena tidak semua orang bisa membaca data kalau tidak tau ilmunya dan cara membaca nya. Karena itu pembacaan data sangat penting seperti jumlah audience, lalu post enggagement yang paling banyak lalu berapa angka view yang pas jika anda posting dengan jumlah followers anda yang banyaknya 10k.

Nah karena itu saya menawarkan kepada Anda untuk belajar bagaimana cara belajar membangun bisnis online berbasis instagram di kelbion ! Kalau mau tanya2 bisa contact WA 0813 3034 1340

kelbion

kelas bisnis online terbaik

Kalau mau tanya2 bisa contact WA 0813 3034 1340

Jangan takut untuk menjadi kreatif dengan konten Anda

Ambil gambar, tambahkan filter, dan post. Tiga langkah ini memang merupakan langkah dasar penggunaan Instagram. Itu mungkin berhasil saat Instagram masih dalam tahap awal, namun platform yang satu ini sudah banyak berubah dan sekarang menawarkan banyak kesempatan bagi bisnis untuk berbagi berbagai jenis konten interaktif dan menarik. Berikut adalah beberapa cara untuk bisa keluar dan menjadi lebih kreatif dengan konten Instagram Anda.

Tips Posting Konten Instagram

Tips Posting Konten Instagram

Jangan anggap remeh caption

Instagram mungkin berisi konten visual yang memikat, namun jangan mengabaikan caption yang menyertai setiap foto. Caption memberikan peluang besar bagi bisnis Anda untuk menceritakan sebuah kisah. Keterangan Instagram memungkinkan Anda untuk memperluas gambar, memberikan konteksnya, dan bahkan membuat pengikut Anda tertawa (terutama jika Anda senang menggunakan emoji).

Kamu pasti ingin menampilkan semua informasi produk di caption postingan Instagrammu. Boleh, tapi jangan membuat followermu merasa terganggu dengan captionmu yang amat sangat panjang.

Kamu bisa membuat jadwal postingan, mulai dari memposting informasi yang berkaitan dengan produk, memposting detail produkmu, sampai memposting promo produkmu biar postingan Instagram mu lebih menarik,.

Jangan posting semua informasi dalam 1 postingan saja. Buat lebih bervariasi dalam feed Instagrammu.

 

Akan lebih menarik jika kamu menuliskan cerita dibalik foto tersebut. Ketimbang hanya memposting tulisan penuh dengan detail produk yang membuat orang enggan lagi membawa postinganmu.

Gunakan photo dan video albums

Dengan anda menggunakan fitur album ini, anda bisa membuat banyak sekali foto didalam satu postingan. Nantinya followers anda bisa menggeser postingan anda dan melihat foto-foto berikutnya.

Anda bisa mmeposting sampai 10 foto dalam satu postingan, ini sangat menarik karena anda bisa bercerita melalui foto postingan di instagram anda.

Manfaatkan Instagram Story

Kita tau bahwa instagram terus berinovasi dengan aplikasi mereka dengan cara memberikan fitur fitur baru yang ada seperti contohnya adalah instagram story, dimana sebenarnya fitur ini adalah fitur milik snapchat dan di duplikasi oleh instagram dan ternyata menarik dan mendapat perhatian dari pengguna.

Instagram story ini unik karena anda bisa membuat postingan dengan video hanya dengan beberapa detik saja dan postingan tersebut tidak permanen dan hanya bisa dilihat dalam waktu 24 jam.

Nah menariknya jika anda berpromosi di sini akan banyak orang yang melihat karena story hanya membutuhkan waktu sedikit, tidak terlalu panjang tetapi dalam bentuk video. Menarik sekali bukan ? Jadi jangan lupa untuk memanfaatkan fitur instagram sotry di instagram

Untuk mendapatkan postingan Instagram yang menarik, Sesekali buatlah pertanyaan untuk followersmu!

Ini ada hubungannya dengan tips berikutnya setelah ini, dimana anda harus membuat pertanyaan atau poling guna untuk mengetahui minat followers anda dan membuat followers anda terlibat dalam instagram anda, pstingan anda, sehingga anda mendapatkan followers yang loyal.

Mengajak banyak pengguna untuk terlibat

Ini adalah pelajaran yang tidak atau jarang sekali diajarkan oleh orang, yaitu berinteraksi dengan audience dalam arti terlibat tidak hanya comment dan dm message saja.

Nah cara ini bisa anda lakukan dengan cara posting konten yang menarik dan juga mengadakan give away atau event di dalam instagram kalian. Selain kalian bisa mendapatkan followers yang loyal, anda juga bisa mendapatkan followers lebih banyak lagi.

Contoh, instagram imersmuda sering mengadakan event dan berinteraksi kepada audience atau followers, jika followers suka maka postingan imersmuda otomatis akan di rekomendasikan dan akan tersebar luas.

Itu adalah yang dinamakan dengan pengguna yang terlibat dalam postingan instagram anda.

Bekerjasama dengan Influencer

Cara lain untuk posting di instagram adalah dengan berkerja sama dengan influencer, dimana anda bisa mendapatkan juga banyak sekali likes  dan comment di dalam postingan instagram anda.

Anda bisa mensponsori mereka ataupun membayar harga iklan, atau anda bisa endorse kepada mereka dengan sepengatahuan mereka dan ada kontrak kerjanya. Anda bisa mencari influencer atau artis celebgram banyak sekali dan pilihlah yang sesuai dengan budget Anda.

Contoh adalah yamaha music indonesia, dimana dia berkerjasama dengan artist Glenn fredly untuk postingan dan juga iklan produk mereka, jadi setiap postingan di instagram public figure mereka adalah glenn fredly. Dengan cara ini maka otomatis orang yang suka dengan glenn fredly akan melihat juga postingan ini, dan berharapnya adalah juga membeli barng yang di promosikan oleh glenn fredly.

Leave a Reply